Horee, ada pemutihan pajak kendaraan (lagi) nih, area Jawa Timur

Pagi masbro..

Info singkat aja, namun jelas dan pasti sangat bermanfaat buat masbro dan mbaksis pemilik kendaraan bermotor di provinsi Jawa Timur khususnya. Sudah menjadi rutinitas, kalau setiap tahunnya, Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur, yang dulunya bernama Dinas Pendapatan Daerah, selalu mengadakan yang namanya pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB)

Pemutihan ini, sebenarnya adalah penghapusan sanksi administratif, atau istilah gampangnya, denda. Jadi, yang dihapus, alias digratiskan adalah denda PKB kendaraan yang telat bayarnya, alias nunggak. Jangan salah paham ya, bukan pajaknya yang dihapus :mrgreen: Pernah nih, kejadian beneran bukan rekayasa, saat saia mengurus mutasi kendaraan saat berbarengan dengan waktu pemutihan ini, ada masyarakat yang salah paham. Dengan semangat penuh, datang ke Samsat cuma bawa STNK, KTP dan BPKB, maksudnya mau perpanjang motornya, tapi nggak bawa duit. Dikira gak usah bayar pajaknya, karena pemutihan ūüėÜ Jadilah, dengan setengah menahan tawa (dan jengkel), petugas Samsat menjelaskan tentang maksud pemutihan tersebut. Ada-ada saja ya…

Selain penghapusan denda pajak, yang juga dihapus adalah pokok Bea Balik Nama Kendaraan. Nah, ini juga hati-hati. Yang digratiskan, adalah proses balik nama untuk pemilik kedua, ketiga dan seterusnya. Kalau mutasi, seperti pindah alamat, domisili apalagi sampai mutasi luar daerah, biaya cabut berkas hingga biaya mutasi masuk di Samsat asal maupun Samsat tujuan tetap ada. Gak semua gratis lho ya..

Mulai kapan nih, acara pembebasan pajak daerah alias pemutihan ini digelar? Sabar , efektif berlaku pemutihan ini adalah pada Senin, 24 September 2018. Masih  3 hari lagi. Yuk, persiapkan mulai sekarang, dokumen dan kelengkapan kendaraan yang mau diurus nih. Masak, punya kendaraan bermotor, nunggak pajak? Selain nggak etis karena bayar pajak itu kewajiban, juga resiko tilang oleh pihak kepolisian. Yuk, tertib mulai sekarang, dan dimulai dari diri sendiri.

Eh, iya hampir lupa. Periode berakhirnya, adalah 15 Desember 2018, jangan sampai kelewat ya. Lumayan panjang kok waktunya, hampir 3 bulan, tapi biasanya, yang paling diserbu wajib pajak ya menit-menit akhir, hehehehe. Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s