Jajal fasilitas charger di All New Honda PCX 150

Pagi masbro..

All New Honda PCX 150, merupakan skutik yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur terkini. Meskipun jaman now , sudah banyak skutik yang memakai teknologi terbaru seperti antara lain headlamp LED, panel dasbor digital, bagasi luas dan…fitur power outlet alias charger.

Kalau di mobil, fitur ini memang sudah jadi standar. Colokan output DC ini, sejatinya dipakai untuk cigarrete/lighter yang akhirnya bisa pula dipergunakan untuk beragam alat elektronik. Salah satunya charger handphone. Di skutik, beberapa varian skutik Honda sudah dilengkapi power outlet antara lain All New Scoopy, All New Supra X 125 dan PCX 150. Kebetulan, kapan hari kan saia testride harian All New PCX 150, jadi bisa sekalian review, seperti apa dan bagaimana menggunakan power outlet ini.

Pabrikan Honda, menempatkan dengan baik soket DC outlet ini. Yaitu, dibalik tebeng/sayap depan sebelah kiri. Tersamar dengan cover body, sepintas nggak ada beda dengan tebeng kanan. Hanya terlihat semacam garis coakan saja. Cara membukanya, cukup dengan ditekan saja ke arah depan. Klik..terbuka deh covernya.

Terlihat sebuah ruangan didalamnya  dan soket daya yang tertutup penutup karet hitam dengan tulisan power outlet. Penutup ini cukup dibuka, maka akan terlihat lubang colokan didalamnya.

Nah, saia coba menggunakan untuk charger alias mengisi daya ponsel. Kebetulan, punya adaptor alias charger DC outlet, yang punya soket khusus untuk sumber daya DC. Jamak disebut DC Car Charger karena biasa dipakai di colokan lighter mobil.

Perlu diingat, daya pada DC outlet Honda PCX 150 hanya akan aktif jika kontak pada posisi ON, alias semua kelistrikan menyala. Kalau posisi OFF, ya semua perangkat kelistrikan termasuk si soket ini juga tidak akan teraliri daya.

Label pada soket ini tertera keterangan  tegangannya 12 Volt sementara  arus maksimal adalah 1 Ampere. Yuk, kita jajal bener nggak keluarannya segitu. Charger yang saia pakai spesifikasinya 12 V dan 1 A, serta punya indikator tegangan-arus serta pengukur temperatur. Pas nih kalau dibuat mengukur output si colokan PCX, nggak ribet pakai multitester. langsung pasang saja, dan hasilnya?

Terbaca outputnya tegangan 12,5 V dan arusnya 0,8 A. Kondisi ini pada saat charger sudah bekerja mengisi daya ponsel. Hmm..ternyata sesuai lah dengan keterangan pada label soket, meski sedikit berbeda, namun masih masuk toleransi. Saat dibebani untuk mengisi daya ponsel, terbaca sedikit penurunan tegangan dan arus

Oh iya, pabrikan juga sudah menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan ponsel yang sedang diisi daya, yaitu pada sebuah ruangan dibawah soket charger. Jadi, nggak perlu membiarkan cover terbuka dan HP dengan kondisi tersmabung kabel charger berada di luar. Masukkan saja ponsel ke dalam tempat kosong tadi, dan cover sayap/dek kiri bisa ditutup lagi. Aman, ponsel sedang dicas didalam, meski terabas hujan juga nggak was-was. Terpenting, konsentrasi pengendara tak teralihkan karena si HP nggak terlihat.

Fitur yang ajib dan bermanfaat, sekaligus aman dan nyaman. Sambil dibawa berkendara, bisa mengisi daya gadget dan saat tiba di tujuan, sudah terisi deh. Untuk waktu pengisian batere ponsel, seberapa cepat tergantung pada ukuran batere dan charger-nya, jadi nggak tergantung pada spesifikasi colokannya. Rata-rata di pasaran, spek charger juga berukuran 1 Ampere, jadi pas dan sesuai dengan spesifikasi power outlet Honda PCX 150.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s