Vespa GTS 300, bongsor juga ternyata

Pagi masbro..

Akhir pekan lalu, lagi-lagi saat luang, saia berkunjung ke dealer Piaggio Vespa Malang, yang berlokasi di area Kayutangan kota Malang. Tepatnya di jalan Basuki Rahmat Malang. Ada satu varian Vespa yang menarik perhatian saia, yaitu sosok bongsor berkelir abu-abu alias grey

Bertitel Vespa GTS 300, nih skuter matik memang fisiknya gede. Apalagi jenis kelir ini, memang tampak garang dan kokoh. Tahu sendiri kan, kualitas body baja motor merk ini? Kebetulan, pada varian yang terpajang di dealer ini, sudah terpasang aksesoris genuine alias orisinal yaitu guard pada sisi kanan-kiri motor serta backrack belakang yang berlapis krom mengkilap.

Body gede ini, dimbangi pula oleh jok lebar dan panjang dengan kombinasi kulit warna hitam dan garis lis klasik berwarna putih. Hmm..kayaknya, nyaman banget diduduki nih. Sayang, yang terpajang nggak boleh dinaiki , kata mbak SPG. Dibawah jok, yang seperti biasa bisa dibuka, ada bagasi ekstra luas yang bisa menampung 1 helm half face, dan beberapa barang lain, Weh, lumayan lega kan, bagasinya? Tuh lihat, kotak kemasan aki yang lumayan gede aja bisa muat, dan masih lega untuk barang lain.

This slideshow requires JavaScript.

Laiknya skutik, ban diameter kecil terpasang pada bagian roda depan belakangnya. Velg berdiameter 12 inchi, terpasang ban 120/70-12 didepan dan 130/70-12 di bagian belakang. Tergolong lebar  untuk ukuran skutik, tapi sebanding sih dengan badan besarnya. Untuk menghentikan laju, terpasang rem cakram pada masing-masing roda, dan kerennya, cakram depan-belakang semua dilengkapi ABS. Ini bukan Asal Berhenti Syukur, tapi aseli, Antilock Braking System. Teknologi yang biasanya dipakai mtor kelas 250cc keatas, dan motor gede hingga mobil generasi baru. Mantap..

Suspensi, mempertahankan desain khas pabrikan Italia ini, yaitu suspensi sebelah alias mono. Didepan, sistem bernama Single-arm ESS yang dipadukan dengan sokbreker hidrolis akan bekerjasama dengan suspensi belakang berjenis  dual sokbreker hidrolis yang mempunyai 4 setelan. Tinggal klik, untuk menyetel tingkat kekerasan si sokbreker.

Naik ke atas, sistem penerangan terkini juga diaplikasi, yaitu lampu LED pada headlamp. Hemat daya, dan terang. Paduan dasbor digital dibalik headlamp , ajib. Spidometer berwarna dasar oranye, dengan model penunjuk kecepatan berdesain old school alias model jadul analog. Jangan cari indikator putaran mesin ya, karena jelas nggak ada di skutik ini. Panel di bawah spidometer, berisi odometer, tripmeter, jam digital, indikator BBM dan indikator lampu-lampu seperti lampu hi-beam, dan lampu sein.

Tak ketinggalan, fitur USB charger juga ada pada GTS 300 ini. Terpasang pada balik tebeng depan, tergabung dalam sebuah konsol boks di bawah setang. Dalam konsol box , selain untuk menaruh sekaligus mengisi daya gadget,  juga dapat dipergunakan meletakkan benda-benda kecil macam sarung tangan, kacamata dan dompet. Aman karena  sudah dilengkapi tutup berkunci juga. Eh, panel kelistrikan berupa kumpulan sekring, juga duduk manis di dalam konsol itu. Memudahkan untuk mengecek kelistrikan bila ada masalah.

This slideshow requires JavaScript.

Sekarang ke komponen utama, yaitu mesin. Mesin teknologi khas Eropa yang ramah lingkungan dan beremisi rendah dengan standar Euro 3 terpasang pada GTS 300. Berkapasitas persis 278 cc, mesin 4 langkah ini didukung oleh 4 klep dan menggunakan pasokan injeksi BBM. Menganut silinder tunggal, torsi yang mantap mencapai 22,3 Nm/5.000 RPM. Sementara tenaga maksimalnya capai angka 15,8 kW/7.500 RPM.

Vespa bongsor ini, dibanderol cukup tinggi , OTR Malang Raya dihargai IDR 175 juta. Weh, maklum juga sih, secara motor build up , ya otomatis harga terkerek karena kena pajak segala macam. Berminat? Pingin tampil beda? Yuk, merapat ke satu-satunya dealer Piaggio Vespa Malang.

Semoga berguna

 

Advertisements

4 comments on “Vespa GTS 300, bongsor juga ternyata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s