Cek kelengkapan kendaraan baru, jangan lupa

Pagi masbro..

Buat yang barusan menebus motor baru, pastinya perasaan pasti seneng banget, gembira. Setelah , mungkin, menabung-menyisihkan uang buat membeli motor baru, rasa puas dan gembira saat si motor baru diantar ke rumah jelas tak terhindarkan. Entah hanya senyum-senyum gembira, ataupun yang ekspresif , hehehehe.

Tapi, jangan sampai deh, karena efek kegembiraan, masbro dan mbaksis melupakan beberapa poin penting saat tuh motor baru diantar ke rumah oleh pihak penjual (baca : dealer). Biasanya, staf dealer bagian pengiriman, termasuk juga marketing, akan memberikan beberapa informasi dan penjelasan soal si motor baru. Nah, ayo simak deh, apa saja sih yang perlu diketahui oleh pembeli alias konsumen. Btw, ini merupakan pengalaman saat menerima pengiriman motor Honda New CB150R.

  1. Pastikan kondisi fisik motor saat dipilih di dealer, sama dengan saat motor diantar ke rumah. Bila saat di dealer pilih warna hitam glossy misalnya, jangan sampai keliru, saat diantar malah motor yang berkelir hitam doff. Meskipun sudah tercatat dalam sistem serta surat – surat yang dibawa oleh bagian pengiriman, namanya kesalahan , mungkin saja terjadi. Yah, syukur-syukur sih, beli NCB ketukar, diantar CRF, maknyus to :mrgreen:
  2. Cek kondisi bagian – bagian motor. Tidak ada lecet atau cacat, atau ada bagian yang tak terpasang. Khusus spion, biasanya baru dipasang ketika motor sudah diturunkan dari kendaraan pengangkut.
  3. Periksa fungsi motor. Nggak hanya soal mesin, tapi juga kelistrikan, lampu-lampu hingga klakson. Nyalakan dan cek fungsi lampu utama, lampu rem dan kedipan lampu sein. Tak lupa, coba juga si klakson. Selanjutnya, coba nyalakan mesin dengan semua cara, yaitu electric starter dan kick starter untuk motor yang masih dilengkapi tuas starter kaki.
  4. Cek fungsi dashboard/panel spidometer. Untuk yang bermode tampilan digital, cek semua tampilan indikator yang biasanya akan menyala semua sesaat setelah kunci kontak dalam posisi ON. Pastikan tidak ada indikator digital yang putus, atau tampilannya cacat.
  5. Cek surat-menyurat alias dokumen pelengkap kendaraan. Biasanya, berbentuk form yang ada isian checklist
    yang diisi mas-nya bagian pengiriman saat melakukan pengecekan.
  6. Periksa tool kit bawaan motor yang terselip di kotak kecil di bawah jok. Isi standarnya adalah kunci L4, kunci busi, sling pengikat helm serta kunci pas 10/12 didalam wadah berwarna biru.

Biasanya, yang melakukan tes motor ya mas-nya bagian pengiriman, kita cukup mengawasi dan juga perhatikan kondisi motornya. Bila ada yang luput, sampaikan saja ke yang bersangkutan, kalau perlu komplain bila memang ada yang tidak sesuai. Beberapa item, ada yang baru dipasang ketika motor sudah diturunkan dari kendaraan pengangkut, antara lain spion. Serta jangan lupa, helm yang biasanya menjadi kelengkapan standar diberikan oleh pabrikan guna keselamatan. Wajib itu..

Khusus untuk BBM dan cairan radiator/coolant , biasanya memang diisi terbatas. Di tangki, paling antara 1-2 liter saja, jadi dimaklumi saja kalau indikator BBM berkedip-kedip tanda minta diisi 😆 . Sedangkan coolant, yang paling sering, isi di reservoir yang mepet banget, jadi kudu diisi sampai penuh, bisa tuh bareng isi BBM.

Nah, sudah paham kan , apa saja yang kudu di cek saat motor baru diantar ke rumah? Semoga berguna ya masbro..

Advertisements

One comment on “Cek kelengkapan kendaraan baru, jangan lupa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s