Jeans tahan gesek, khusus bikers

Yang namanya riding, berkendara naik motor, biasanya kita kan sering pakai celana panjang. Bahan yang sangat umum dipakai bikers adalah bahan jeans alias denim. Selain bahan yang lebih tebal, sehingga berefek gagah ke tampilan, juga faktor tebal ini membuat rasa sedikit aman, karena berpikir lebih tahan gesekan. Nggak berandai-andai sih, misal ada sial, jatuh misalnya. Bagusnya lagi, tentu dilengkapi dengan protektor tambahan di beberapa bagian vital seperti siku dan lutut.

pic : alonrider

pic : alonrider

Hanya saja, pemakaian protektor tambahan kadang membuat bikers risih. Berasa mau balap di sirkuit aja, pake protektor lengkap nan komplit, demikian mungkin pikiran beberapa rekan. Nah, salah satu solusinya, sudah ada produsen apparel yang menyiasati dengan menanamkan protektor didalam celana riding. Protektor lutut yang terpasang di bagian dalam celana riding ini pun juga bisa dilepas pasang, misal tak terpakai bisa dilepas, atau kala si celana sedang dicuci.

Ternyata, masih banyak yang kurang nyaman dengan protektor tanam dalam sisi celana ini. Nah, produsen jeans, eeh, denim berngaran Saint di Australia, membuat terobosan baru nih. Yaitu celana denim khusus biker bernama Saint Motorcycle Denim Unbreakable CE Armoured Jeans. Terbuat dari serat sintetis yang lebih kuat dari baja, jeans ini tak hanya fashionable dan bergaya tapi juga apparel safety bagi pengendara motor. Pakaian berbahan denim ini, selain terlihat lebih fashionable saat digunakan, denim ini juga berfungsi untuk meminimalisir cedera pada saat terjadinya kecelakaan.

Saint Motorcycle Denim, menurut informasi,  terbuat dari bahan rahasia yang disebut Dyneema dalam proses penenunannya. Bahan ini juga terbuat dari Ultra-High Molecular Weight Polyethylene (UHMwPE) yang merupakan serat sintetis yang lebih kuat dari baja, sehingga kerap digunakan untuk rompi balistik, helm, dan tali derek.

Uji coba internal telah dilakukan produsen sejak 2007 dengan melakukan uji eksperimental pada bahan tersebut. Dan hasilnya, single layer pada bahan jeans tersebut telah memenuhi standar keamanan sepeda motor Eropa CE level 1, yang menyatakan bahwa bahan tersebut tahan ledakan panas dan abrasi.

Saint sendiri memproduksi beberapa model celana jeans dan jaket dengan tingkat perlindungan yang berbeda. Pertama, technical denim dengan 6% Dyneema yang dicampur dengan bahan katun. Bahan ini lebih kuat 5 kali dari bahan denim biasa yaitu denim 14oz. Yang kedua adalah Saint Motorcycle Denim Unbreakable CE Armoured Jeans dengan bahan lebih banyak, yaitu 66% Dyneema dan 34% katun. Alhasil, mampu membuat bahan ini lebih kuat 200 kali dari denim biasa dan tahan terhadap gesekan dengan jarak sejauh 246 kaki atau sekitar 75 meter. Pada tipe ini juga tersedia pilihan dengan tambahan pelindung lutut dan pinggul yang bisa dilepas.

Simak video berikut yang menunjukkan ketika bahan Denim Unbreakable CE Armoured Jeans ini diuji gesek dengan mesin gerinda. Sadisss

Bahan ini, menurut informasi memang bakal terasa lebih kasar dari bahan denim/jeans pada umumnya. Salah satu sebabnya adalah tingginya campuran Dyneema yang memperkuat struktur si kain. Tapi, meski sedikit kurang nyaman, bakal tertutupi dengan manfaat tahan geseknya. Jeans tahan gesek ini dijual mulai harga $350 ya.. :mrgreen:

Memang, nggak ada yang ingin terjadi kecelakaan apapun, tapi, proteksi tetap adalah hal utama. Dan yang terutama, selalu berkendara dengan aman ya, ditunjang dengan kelengkapan keamanan yang memadai. Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Jeans tahan gesek, khusus bikers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s