Piaggio Medley S, skutik Eropa nan komplit

Pagi masbro

Saat melewati area Kayutangan Malang beberapa waktu lalu, sebuah dealer dengan style minimalis, menarik perhatian saia untuk masuk dan mencari informasi. Mengusung nama ‘Piaggio Vespa Malang’ , nggak terlihat eye catching macam  showroom motor Jepun yak :mrgreen:

Ada beberapa penampakan skutik Piaggio di area samping dealer ini. Masuk, dan disapa ramah mbak bagian penjualan. Nampak di sebelah kiri sosok skutik Piaggio bongsor, berwarna merah kombinasi silver ini.  Desain fisik yang bongsor, gede, dengan desain khas Eropa banget. Lekuk bodi stylish dipadu mata, eh, headlamp yang berisi lampu halogen, modis. Sayang belum pakai LED nih.

Awalnya, dari tampilan fisik, semua pasti mengira kalau kapasitas mesin si Medley ini pasti gede, minimal diatas 200 cc. Ternyata dan ternyata, kapasitas mesinnya 150 cc. Mengadopsi mesin dengan teknologi i-get 4 langkah, dengan kapasitas persis malah melebihi deskripsi, yaitu 155,1 cc. Memang masih menganut kem tunggal alias SOHC dengan 4 klep,  pasokan BBM injeksi elektronis serta pendingin cairan alias radiator pada sistem pendingin mesinnya.

Dari spesifikasi, mesin Medley mampu mengeluarkan tenaga maksimum 11 kW pada 7.750 rpm, sementara torsinya lumayan gede 14,4 Nm/6400 rpm.  Lebih dari cukup untuk disalurkan melalui CVT ke roda belakang nih. Mesin i-get Piaggio ini, juga sudah dibubuhi teknologi start & stop system ,  yang bertujuan menghemat konsumsi BBM, Mode ini, akan aktif dalam waktu antara 3 sampai 7 detik bila mesin langsam dan berhenti, ya mirip dengan sistem di Honda Vario 125 dan 150. Tentu dengan syarat yang harus terpenuhi seperti temperatur mesin dan kecepatan minimal. Lumayan nih, kala terjebak macet. Mengaktifkan mode start & stop system, cukup menggeser tombol di panel setang kanan. Aktif deh, ditandai dengan menyalanya indikator huruf ‘A’ di panel dashboard.

Ada lagi teknologi senyap di sistem starter Medley 150, yaitu “direct mount” type “brushless” motor on the crankshaft. Mirip dengan teknologi ACG pada Honda Vario series keluaran baru, yaitu motor starter menjadi satu dengan sistem pengisian. Saat hendak menyalakan mesin, motor menjadi starter karena dialiri listrik, memutar poros. Begitu mesin menyala, si motor ini berubah jadi semacam generator, karena berputar ikut putaran mesin, dia menghasilkan tegangan yang mengisi sistem kelistrikan. Efisien serta senyap…

Penggerak CVT macam umumnya skutik di tanah air, menyalurkan daya ke roda belang. Eh, maksudnya, beda diameter antara roda depan dan belakang :mrgreen: Roda depan lebih besar, dengan diameter 16″ sementara velg belakang diameternya 14″.  Masing-masing dibalut ban ukuran 100/80-16 dan 110/80-14. Tapi, begitu diperhatikan, nggak kelihatan jomplang ya, meski beda diameter roda?

Roda ini dihentikan oleh masing-masing sekeping cakram di depan dan belakang. Masih dilengkapi pula dengan teknologi ABS pada semua rem, makin menambah aman. Meminimalkan terkuncinya roda saat mengerem mendadak nih. Uniknya, posisi sensor ABS di rem belakang, terpisah dari cakram, tidak seperti umumnya sensor ABS yang biasanya jadi satu dengan cakramnya.

Panel dashboard  bermodel lingkaran, merupakan kombinasi  analog dan digital. Komplit, mulai penunjuk kecepatan model analog, indikator BBM dan temperatur mesin juga bermodel analog, serta tripmeter, odometer, jam digital dan beberapa indikator lain. Asyiknya nih, khusus pemantau temperatur, detail menunjuk ke angka derajat. Mantap..biasanya kan hanya tampilan bar atau malah hanya ada lampu indikator overheat saja. Demikian pula penunjuk kecepatan, ada tampilan dalam satuan kilometer per jam/kpkh dan mph.

Saia sempat ngowoh saat mbak SPG memberi contoh membuka bagasi si Medley. Buset, gede tenan. Diisi 2 buah helm, muat. Masih bisa diisi barang lain lho, selain itu helm. Kalau ketemu SPG yang mungil, bisa dimasukkan juga nih #eeh :mrgreen: . Cocok nih buat pasangan muda, belanja-belanja atau turing , segala keperluan cemplungkan saja disitu, cukup dan muat. Asooyy

Dijual OTR Malang di harga IDR 45.800.000 , Piaggio Medley ini jelas punya kelas. Nggak umum deh kayak motor-motor skutik pabrikan lain. Monggo meluncur ke dealer terdekat ya..

Advertisements

2 comments on “Piaggio Medley S, skutik Eropa nan komplit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s