Honda CS-1 bergaya Supermoto

Disela-sela sebuah event di Stadion Kanjuruhan Malang, beberapa waktu lalu, nemu penampakan motor bergaya supermoto. Basisnya, ternyata Honda CS1. Yups, motor dengan desain unik keluaran PT AHM, dengan konfigurasi mesin tegak, radiator, monoshock dan berkapasitas 150 cc. Di awal peluncuran, hingga beberapa tahun berlalu, ini motor tanggung memang unik pasarnya. Maklum, model unik, bebek bukan, sport juga nggak. Buat yang gak paham, dan menyepelekan, siap-siap dilibas karena mesinnya, yang dianggap kebanyakan orang adalah bebek style.

cs-1Honda CS-1 yang sai temui ini, secara body alias bentuk fisik motor, berubah signifikan. Body asli, dilepas semua, berganti dengan body motor trail. Mulai pemakaian tangki plastik didepan, sayap dan body belakang motor trail. Masih pula ditambah penggantian sokbreker depan dengan tipe up-side down teleskopik panjang, layaknya motor sport batangan. supermoto1

Penggunaan garpu depan panjang ini, spontan mendongkrak tampilan lebih jangkung dan trelihat layaknya motor batangan/motor sport. Masih ditambah pula dengan pemakaian sepatbor depan model trail, katanya yang punya, aplikasi variasi model supermoto, warna putih. Tambah klop, dengan headlamp variasi, merujuk model UFO yang biasa dipakai motor trail. Nah. supaya tidak terlalu polos, sekujur body baru dan sepatbor dihiasi cutting stiker.

supermoto3Kaki-kaki alias roda, masih mempertahankan bawaan ori CS-1, hanya memperbesar ukuran ban saja, naik 1 tingkat dari aslinya. Dihiasi stiker roda kelir merah, senada dengan body merah, sama juga dengan joknya, merah euyyy…supermoto6Untuk menambah kemiripan tampilan dengan supermoto, knalpot mengalami pergantian. Diganti knalpot model trail, dengan leher tidak turun ke bawah mesin, tapi naik, melewati sisi mesin, dan berakhir di silincer custom yang tertutup cover body belakang. Persis deh mirip bentukan knalpot KLX dan sejenisnya.

supermoto2Lebih jangkung ya? Ternyata, monoshock belakang, juga kena sentuh modifikasi. Ada penambahan dudukan, sehingga lebih tinggi, sesuai dengan tinggi bagian depan yang bertambah karena aplikasi sokbreker panjang.

supermoto4Hmm, ganteng juga. Ada yang mau ikut jejak, melestarikan “domba garut” ini? Semoga berguna dan semoga kena racun modifikasi.

supermoto5

Advertisements

7 comments on “Honda CS-1 bergaya Supermoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s