Kenapa nih sepatbor belakang bolong??

Pas main ke Denpasar, Bali beberapa waktu lalu, di parkiran hotel, juga saat di jalan, banyak sekali ketemu motor matic, yang wira-wiri di jalanan Bali. Kebanyakan sih, Honda Vario dan Yamaha Mio. Ada yang unik, yang saia temui di mayoritas matic ini. Yaitu, sepatbor belakangnya, pada bolong alias berlubang.

bolong2Sepertinya, penyebab itu sepatbor belakang bolong alias berlubang karena tergesek oleh ban belakang. Wow..sadis, ban sampai gesek sepatbor. Ngeri kali…. Nah, dari hasil pengamatan saia, gesekan ban itu, disebabkan faktor muatan berlebih yang dialami si motor. Kan begini masbro, sokbreker belakang, saat dibebani, pasti akan ambles. Kalau beban n0rmal, posisi amblesnya masih dalam toleransi, toh, nantinya, saat kena jalan berlubang, akan mental-mentul, alias sokbrekernya main, naik-turun. Karena beban berlebih itu, sokbrekerΒ  ambles, lebih dari toleransi. Walhasil, saat sokbreker main naik-turun meredam jalan tak rata, saat posisi turun alias ban belakang naik, bagian ban menyentuh bagian dalam sepatbor belakang. Kejadian ini terus berulang, dan dalam kondisi motor berjalan. Walhasil, sisi dalam sepatbor tergerus ban, dan bolong deh lama kelamaan.

motor-surf3Beban berlebih ini, usut punya usut, karena yang naik, kebanyakan wisatawan manca negara. Sudah pasti, postur dan berat badan, jauh diatas rata-rata kita orang Indonesia/Asia, yang menjadi acuan pabrikan motor kala mendesain. Makanya, motor untuk pasar Eropa dan negara lain selain Asia, pasti beda ukuran.

motor-surf2Beban penumpang diatas rata-rata ini, masih ditambah dengan beban lain, yaitu papan surfing. Banyak sepeda motor disana, yang ditambah dengan braket khusus di bagian samping, yang khusus untuk memuat papan surfing. Ini papan, besar dan panjang. Meskipun terlihat ringan, namun tetap saja menambah beban si motor matic. Makanya, wajar kan, kalo motor matic sampai ndeprok, ambles dan berlubang sepatbor belakangnya?

motor-surf1Hehehehe..kadang masih ditambah dengan area bawah yang gasruk saat melibas polisi tidur ataupun rintangan lain. Sebagai solusi, beberapa rental sepeda motor disana, mengakali dengan memakai sokbreker yang lebih keras, atau yang lebih panjang, sehingga terhindar dari ambles. Itu solusi termurah selain ganti motor yang lebih tinggi dan besar, seperti Honda PCX dan Yamaha NMax. Lebih mahal kayaknya, solusi terakhir itu, hehehe..

bolong1

Advertisements

11 comments on “Kenapa nih sepatbor belakang bolong??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s