Kawasaki Versys 650, operasional Satlantas Polres Malang Kota

Sudah banyak wira-wiri di jalanan, penampakan moge Kawasaki satu ini. Mulai tahun agak lama, 2012 hingga keluaran baru, yang mempunyai “wajah berbeda”. Iya…Versys 650 keluaran 2015, memang berwajah baru. Dengan lampu ganda dan sipit, meski tetap ada visor diatas headlamp.

pizap.com14672534208341Nah, khusus yang berkelir putih dengan setrip merah biru, yaitu setrip khas kepolisian lalu lintas, di Malang, selama saia ngider, belum pernah sekalipun ketemu. Paling banyak sih ya si Yamaha XJ, Scorpio, Honda Tiger dan sejenisnya. Nah, akhirnya nemu juga Versys khusus polisi. Saia jepret ambil gambar di depan Balaikota Malang, saat ada pengamanan gladi resik Hardiknas awal Mei lalu. Sebenarnya, beberapa kali ketemu, cuma belum sempat ambil gambar. Nah, pas kemarin itu, kebetulan si motor standby di jalan, saia samperin deh. Setelah ijin pada petugas ops yang nunggang nih moge, saia ambil beberapa gambar. Versys ini, hanya ada 2 unit di Polres Malang Kota. Meski keluaran lama, kalo gak salah tahun 2014 kata Bripda Ilham, (betul gak ya pangkatnya) 🙄

patwal4Spesifikasi masih standar, tak ada yang dirubah. Hanya ada penambahan sidebox berikut guard/besi pelindung, dan pemasangan engine guard besi, sekaligus untuk dudukan lampu strobo dan seperangkat sirine TOA. Gak usah ngiri, karena memang kendaraan instansi tertentu semacam Polisi, Dishub dan Provoost TNU yang berhak menggunakan perangkat ini, disamping Ambulance dan Mobil PMK.

patwal1Dari perbincangan singkat dengan Bripda Ilham, baru ngeh, kalau motor ini adalah bantuan dari pihak Pemkot Malang, kepada Polres Malang Kota. Awalnya, ini Versys, bertugas khusus untuk pengawalan Walikota Malang. Seiring adanya perubahan kebijakan protokoler, maaf, detilnya tidak bisa dijabarkan, akhirnya, 2 motor ini malah sering non job alias nongkrong saja di rumah dinas Walikota, karena digantikan oleh R4. Nah, Abah Anton, selaku Walikota Malang, akhirnya, berinisiatif menyerahkan 2 unit Versys ini ke Polres Malang Kota, untuk dipergunakan sebagai kendaraan operasional. Dan akhirnya, jadilah si Versys kendaraan patroli di Satlantas Polres Malang Kota. 2 Kawasaki Versys Polres Malang Kota ini, kok ya kebetulan, memang identik, yang membedakan hanya nopol dan kelir monosok belakang. Yang satu monosok berwarna merah, satunya monosok berwarna silver.

patwal3

psSip kan? Semoga berguna

Advertisements

17 comments on “Kawasaki Versys 650, operasional Satlantas Polres Malang Kota

  1. Lho saya yg arema aja blm pernah ketemu ini. XJ sering liat.
    Btw off the record ya, cerita temen yg polisi, motor dinas begini repot lho, soalnya perawatan jadi tanggungjawab yg bawa. Kebayang kan ngerawat moge gmana repotnya? Makanya rata2 ogah mereka diserahi motor atau mobil yg bagus.

    Like

    • lho, begitu kah? setahu saia, kalo kendaraan dinas, plat merah sih, ada biaya perawatan yang ditanggung instansi
      kalo kendaraan polisi dan militer beda barangkali?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s