Warna Pertamax meninggalkan noda di stiker/scotlite?

Hampir 2 mingguan, si ciput nongkrong di rumah, dengan kondisi tangki berisi sekitar 3/4 penuh. Lho?? Iya, selama “libur” Natal dan sekitarnya 😆 , motor gak keluar rumah sama sekali. Maklum, di rumah lagi rame :mrgreen: Nah, sebelum libur alias prei, saia seperti biasa, isi BBM di SPBU langganan. Kenapa disebut langganan? Ya karena sering ngisi disitu, secara lokasi ya saia lewati tiap hari 😆 Skip..skip

pict : pulsk.com

pict : pulsk.com

Waktu ngisi, full seperti biasanya, indikator bar belum sampai berkedip, alias masih di bar paling bawah. Isi penuh, lha pas digit sampe di IDR 98 ribuan, kok udah penuh, alias sedikit luber. Eh, ternyata, saia gak tahu kalo harga Pertamax sudah turun, meski sedikit 😆 Si mas pengisi, sebenarnya sudah telaten, mengisi tanpa membuka full nozzle, nunggu buih cairan BBM sedikit hilang. Pas di 100 ribu, benar-benar full sampe luber. Pas saia tutup, otomatis, sedikit tumpahan Pertamax, meluber hingga keluar mulut tangki. Berhubung si ciput juga dalam kondisi kotor, akhirnya saia biarkan saja.

Hingga akhirnya, karena feeling nih motor bakal jarang dipakai beberapa hari, kebetulan waktu luang juga ada, pagi-pagi pas libur saia cuci deh. Lho….bekas noda apaan tuh di scotlite putih, yang saia tempel menutupi strip di tangki?

warna 2Saia gosok dengan shampo motor, tetap gak bisa hilang, seperti meresap di bawah scotlite. Waduh….Akhirnya, saia terusin nyuci. Eh, ketemu noda serupa di bagian bawah, yang ini malah lebih banyak 😦 Persis di rangka yang saia lapis scotlite warna putih.

warnaMelihat warna birunya, saia langsung berkesimpulan, ini pasti sisa luberan ngisi Pertamax tempo hari. Secara, beberapa hari ini, motor gak kena cairan apapun, kecuali air hujan dan cipratan banjir :mrgreen: Nah, kok nodanya gak bisa hilang ya?

Padahal, menurut Pertamina  disini nih , warna kebiruan Pertamax dan kemerahan Pertamax Plus, merupakan warna asli bahan bakarnya. Justru yang Premium RON 88, itu yang ditambah pewarna kuning. Jadi bingung…

premium-pertamax-pertaliteUntungnya, selama ini, meski kadang luber ke tangki, cat di tangki atau di bodi lain, gak pernah bermasalah, alias tidak meninggalkan noda. Jadi, kesimpulan saia, bahan stiker/scotlite-nya yang memang bermasalah alias sensitif. Mudah menyerap warna :mrgreen: Yah, mungkin karena kualitas yang kurang bagus, maklum, duitnya sayang kalo mau dibelikan scotlite yang bagus kayak 3M atau Oracal 😆 Pengalaman ya masbro, jika ada luberan BBM, monggo diperhatikan stiker, scotlite atau stripping di motor ya, mudah-mudahan sih gak masalah

Semoga berguna

 

Advertisements

21 comments on “Warna Pertamax meninggalkan noda di stiker/scotlite?

  1. mas, pernah ngerasain cb-nya saat melibas jalan yg bergelombang parah dg kencang lalu geal geol kayak ban belakang gembos meski sdh masuk jalan rata?

    Like

  2. fyi,angin ban cukup mas. sebelumnya memang laker segitiga ganti krn oblak, lalu bbrp kali disetel krn seperti blm pas. utk kasus ini yg geal geol fork depan,kayak gembos. lha yg kmrn itu yg belakang. hbs servis minta itu dibenerin sampe skrg sih blm terasa krn blm sempat ke jalanan yg parah hehe.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s