Cek kondisi motor habis liburan

Selamat Tahun Baru 2012 yaaa….

Perayaan Tahun Baru sudah berlalu, kembali kita masuk ke ‘dunia’ kerja…nyangkul lagi..
Eh, motor masbro sudah ready diajak kerja belum?? Biasanya, habis dipakai liburan, motor pasti kondisinya kurang fit. Entah diajak riding jarak jauh, atau juga berulangkali terjebak macet yang bukan main panjangnya masa liburan kemarin.
Nah, buat ringan-nya, ada beberapa poin penting yang perlu dicek pada motor kita. Yaitu Oli mesin, kampas rem, kampas kopling, rantai-gir, busi dan setelan mesin (karburator+setelan klep)
1. Oli Mesin
Ada baiknya, sehabis liburan, langsung aja kuras oli lama dan ganti baru

2. Kampas rem
Buat teromol, cek indikator di tuas teromol. Bila sudah mendekati titik penghabisan :mrgreen: segera ganti.

Buat yang sudah cakram, cek ketinggian minyak rem. Jika sudah agak turun, berarti kampas mulai tipis, karena minyak rem pada berkumpul di kaliper/kepala babi semua.

3. Kampas kopling
Buat bebek, mungkin ausnya kampas kopling butuh waktu lebih lama dibanding sport, kan kopling otomatis. Untuk sport, biasanya sekitar 50.000 km keatas, sudah mulai kerasa agak selip dan tarikan berat, pertanda mulai tipis kampas koplingnya.

Cara mudah ngecek, trik saia nih, masukkan persneling ke gigi paling tinggi, misal 5. Trus jalankan motor. Kalo masih bisa jalan meski agak tersendat, berarti memang minta diganti tuh kampas koplingnya. Nah, kalo mesin langsung mati, bisa jadi kampas kopling masih lumayan bagus kondisinya.
4. Rantai-gir
Cek ketegangan rantai. Bila terjadi gejala kendur-kencang, abis disetel masih tetap aja, juga rantai agak longgar terhadap gir, segera ganti. Direkomendasi agar ganti satu set sekalian, jadi keausannya bisa merata antara gir depan-belakang dan rantai.

5. Busi
Lepas busi dan lihat elektroda. Meski kepala elektroda masih tebal, bukan jaminan busi sehat. Cek saja dengan memasang ke cop busi, dan diselah dengan posisi kontak ON. Bila api masih biru dan besar, masih layak pakai. Bila sudah mulai ada bercak api merah, monggo ganti baru, daripada busi-nya mati di jalan

6. Setelan mesin
nah, ini kayaknya perlu ke bengkel resmi deh. Soalnya saia gak begitu paham, daripada salah setel, malah mesin kacau, bisa mogok :mrgreen:
Bilang aja ke mekanik, “cun-ap, mas” hehehehe…kromo inggil-nya tune-up, untuk memulihkan kondisi mesin. Biasanya bersihkan karburator sekalian setting setelan angin+bensin, setel klep. malah kalo AHASS, biasanya poin-nya lengkap, sampe cek rantai dan aki segala lho.

Monggo dicoba…

Advertisements

9 comments on “Cek kondisi motor habis liburan

    • iku ngono sing nduwe durung keramas kembang 7 macem. nyuci ndek endi sam? ndek pojokan mesjid, sebelah tb mandiri iku nayamul rijik jare adikku…aku gak tau soale :mrgreen:

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s