Honda Supra X 125 Helm-In cingkrang (kakinya kekecilan)??

Setelah dilaunching Oktober 2011 kemarin, unit HSX 125 dengan bagasi super luas ini mulai saia jumpai wira-wiri di jalanan kota Malang. Bodi terkesan memang agak “gemuk”, tentu saja karena penambahan ruang bagasi yang diperluas. Secara garis besar, memang masih stylish, meruncing ke belakang, meski versi ini lampu belakangnya sudah berbeda bentuk dengan HSX 125 non helm in. Beda bodi terutama di area tengah, tenpat sang bagasi berada. Sayangnya, kalo menurut saia nih, pas dilihat dari belakang, kok kayak cingkrang ya???

Maksudnya, kaki-kaki kayak kekecilan, gak seimbang dengan bodi yang sudah melar. Sebab, velg dan ban, masih sama persis dengan HSX 125 lawas. Yakni ukuran velg 1.40 ban 70/90-17 untuk depan dan velg 1.60 ban 80/90-17 untuk belakang.

Mungkin, untuk mendongkrak tampilan, supaya minimal lebih seimbang antara bodi dan kaki-kaki, pemilik HSX 125 HI bisa memodifikasi ukuran velg dan belakang. Nah, karena gak ada yang jual variasi velg racing tapak lebar eceran (maksudnya dijual terpisah velg depan – belakang), ya terpaksa sepaket dong.. Untuk ukuran, bisa dipakai acuan lebar tapak Yamaha New Jupiter MX yaitu profil ban 100/70-17.

Lebih bagusnya lagi,supaya ban tidak mengembung ala donat, velg juga jangan pakai standar-nya laias ganti lebih lebar. Sudah lumayan lebar tuh. Jadi tampak gagah en kekar. Lebar tapak ban yang ke nempel aspal juga otomatis bertambah, sehingga meningkatkan daya cengkeram. Cuman efek negatifnya, selain makan biaya (ganti velg+ban), juga biasanya konsumsi BBM sedikit lebih boros, karena memutar roda yang notabene lebih berat darioada standar-nya.
Monggo, ada yang mau bikin HSX 125 HelmIn-nya lebih gagah??

gambar dari oto, mas Haji TMC sama pak erte :mrgreen:

Advertisements

31 comments on “Honda Supra X 125 Helm-In cingkrang (kakinya kekecilan)??

    • hmm..kayaknya modif agak banyak masbro, CMIIW
      minimal diameter as, juga lebar hub/teromol…belum lain-lainnya…
      mungkin suhu-suhu modif ada yang membantu???

      Like

  1. velg hsx125 helm~in sama ma new blade…yg blkg sama jg ma hsx125r tp yg dpan beda,punya helm~in ada tempat wat gearbox kbl speedomtr…
    solusinya pake velg spoke/jari2,beli velg bnyk merk kok, tdr,ride it,did,dlsb…
    dpan 1.60-17 blkg 1.85-17 ban pake dpan 80/80-17 blkg 90/80-17…kalo pake 100/70 takut mentok rantai…
    hub/tromol dpan punya abs. Revo, blkg hsx125r (spoke rdb)…
    biar enteng gear blkg bisa pake punya blade/abs. Revo mata 37 (std 35) atau revo at mata 38, ukuran rantai sama2 420….jgn lupa jg pake karet tromol/peredam gear punya kaze biar ga menghentak2…

    Like

    • bagusnya sih dibedain masbro, belakang lebih besar ukuran bannya, kan menanggung beban lebih, selain beban motor+rider_boncenger, juga menahan tarikan penggerak alias ratai…
      soal cungkring relatif sih, kalo saia emang πŸ˜†
      dinaikin masing-masing 1 tingakt diatasnya, udah lumayan mendingan :mrgreen:

      Like

    • kayaknya gak sama deh gan, beda di tromol
      bisa sih dipasang, tapi pasti melibatkan tukang bubut dkk buat ngepasin alias masih modifikasi lagi

      Like

  2. gan ane mau dong ukuran velk racing na depan dan belakang gede 1 ukuran dari ori na, karna ban na ud ane ganti tp masih pake velk ori jd ky donat nih…klo ad hub in ane di 081310160008

    Like

  3. Kalo velg tapak lebar yang cocok buat supra x 125 itu apa gan.
    Soalnya saya mau ganti velg ban belakang saya dengan yang tapak lebar.
    Soalnya ban belakang saya da melembung.

    Like

    • soal cocok-cocokan, tergantung selera masbro sih, seberapa lebar tapaknya, trus mau pake ban ukuran brapa, juga model palangnya
      kalo variasi, rata-rata lebar depan-belakang 1.85-2.15, cocok pake ban 80/70 depan, 90/80 atau 100/80 belakang
      kalo kelewat lebar/gede, takutnya mentok swing-arm/lengan ayun dan rantai

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s