Penolong di kala susah




Hari Minggu pagi, saia sekeluarga berangkat ke gereja. Seperti biasa, jam 06.30 langsung tancap gas naik si meggy. Udara pagi agak dingin, saia gak memacu meggy kenceng-kenceng, sekitar 30-40an kpj aja, lha kebetulan si kecil minta duduk depan pula. Sekitaran Klenteng Lawang, lha kok mendadak terasa handling si meggy liar banget. Gak sampe sedetik, ban belakang geal-geol gak karuan. Saia berusaha gak panik, mengerem bertahap sambil berusaha minggir. Berhasil, saia berhenti di pinggir jalan sekitar 200 meteran dari mulai ngepot tadi, lalu lintas lagi sepi. Istri sama si kecil saia suruh turun dulu. Saia cek, ban belakang kempes total, gak ada angin blas. Akhirnya saia tuntun sambil cari bengkel tambal ban.
lha memang masi pagi sekali, ya gak keliatan ada bengkel buka. Seingat saia, di sisi kanan jalan, dulu pernah liat ada tempat tambal ban. Akhirnya kita nyebrang pelan-pelan. Eh, ternyata bener ada. Tambal ban keliling sebenernya. Thanks God…
Karena takut sampe lama, sementara udah hampir jam 7, akhirnya istri sama si kecil saia naikkan angkot ke gereja, toh tinggal 2 kiloan lagi, ntar saia susul kalo dah selesai nambal.
Sambil bongakr ban, saia jagongan sama si mas tukang tambal ban. Usut punya usut, benernya tadi dia dah mau pulang. Pas lagi beres-beres, liat saia dari jauh nuntun motor. Akhirnya gak jadi dan nungguin saia. Ternyata bukan bocor, tapi sobek pas cop pentil ban. Walah, pantesan langsung abis anginnya, lha wong ngowos dari sobekan alias lubang segede gaban gitu. Mau ganti ban dalam, mas-nya gak punya stok buat ring 18, mo beli belom ada bengkel buka. Akhirnya, mas-nya sanggup ngakali sambil ngasi jaminan kekuatan. Darurat…
Sobekan dijahit dulu sedikit, trus dikasi lem, trus ditambal karet agak lebar. Baru dipanasi. Sambil nunggu merekat sempurna, kami ngobrol. Mas ini emang tukang tambal ban keliling sekaligus jual bencin ecerean. Beliau buka alias stand by mulai jam 6 sore sampe pagi di lokasi itu. Berbekal Suzuki Smash 2009, dengan keranjang di jok belakang berisi botol bensin, perkakas tambal, pompa tangan dan tikar, itulah rekan kerjanya.
Kalau siang, mas-nya ngojek sambil antar jemput anak sekolah. Malam sampe pagi ya ‘dinas’ di jalanan.
Gak kebayang deh kalo saia yang nglakoni kayak gitu…gak kuat kayaknya..
Sambil senyum sembari menyelesaikan pekerjaannya, mas-nya, yang saia lupa nanya namanya, cerita, gak berat kok kerja kayak gitu. Sambil nolong orang kesusahan di malam hari, juga cari rezeki yang halal.
Saia mikir, betul juga. Lha pas malam atu dinihari, entah kehabisan bensin atau malah ban kempes kayak saia, gak ada ‘penolong’ seperti mas tambal ban ini, waduh, bisa nuntun motor beberapa kilo nih…mana gelap, rawan kejahatan pula. Pekerjaan yang mulia meski keliatan sepele buat banyak orang…
Singkat cerita, lem merekat sempurna. Di tes, dah gak ada yang bocor lagi. Pasang ban ke velg, ngok—ngok–ngokk…. si mas mompa ban pake pompa tangan. beres, saia tanya ongkos. Cuma IDR 7 ribu masbro…akhirnya saia serahkan lembaran 10 ribuan sambil pesan gak usah dikembalikan sisanya. Mas tadi senyum sambil bilang makasih. Dia membereskan peralatan, bersiap pulang. Saia juga bersiap neruskan ke gereja. “Ngaso mas habis ini?” saia nanya sambil menghidupkan motor. Mas-nya jawab, “Yo siyap-siyap mas, abis mandi , trus ke gereja juga sama keluarga.” Whoalah, ternyata ketemu saudara seiman. Saia salami sambil pamitan…
Terima kasih ya mas tambal ban…kalo gak ketemu sampeyan, bisa nuntun motor sepanjang jalan nih…
Betul kata mas-nya tadi, nolong orang sambil cari rezeki…

2 comments on “Penolong di kala susah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s