Kelengkeng lokal??? Maknyus…



Kemaren, pas habis nganter mertua berobat, pulangnya lewat Jl LA Sucipto. Persis di dekat perbatasan Kota Malang – kabupaten Malang, ada kios penjual buah. Kelengkeng segar, lengkap dengan daunnya tampak dipajang bergantungan. kayaknya sih kelengkeng lokal, liat sekilas dari warna buah dan ukurannya. Saia menepi, trus istri saia turun, nanya-nanya. Saia liat, kok malah jagongan yo…wah, ngikut ah…
Saia ikutan turun,terus nimbrung. Beneran kelengkeng lokal ternyata. Mbak yang jual bilang, dikulak dari Tumpang katanya. Kalo sepengetahuan saia, sentra kelengkeng emang ada di sekitaran Tumpang, Poncokusumo. Ngobrol ngalor ngidul, akhirnya kita beli 2 kilo. Sekilo IDR 15.000.
Sampe rumah, gak pake lama langsung dihabisi. Secara fisik, kelengkeng lokal emang lebih kecil ukurannya daripada kelengkeng impor macam bangkok, pingpong, diamondriver dkk. Kulit buah juga lebih coklat gelap. Trus kalo dibelah, ciri khasnya adalah biji yang lumayan besar, beda dengan kebanyakan kelengkeng impor yang rata-rata bijinya kecil, trus daging buahnya tebal. Bedanya lagi, daging buah kelengkeng lokal lebih berair dan lengket ke biji. Sedang kelengkeng non lokal, daging buah selain lebih tebal, juga kering dan teksturnya lebih kresss, renyah.
Tapiiiii, soal rasa, kelengkeng lokal menang bro…nendang banget manisnya, bahkan cenderung agak panas kalo kebanyakan dimakan, tanda ada sedikit kadar alkoholnya. Kalo kelengkeng pingpong sih, lewat…manis sama panasnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s