Pasang klakson keong Denso waterproof di Honda New CB150R

Pagi masbro..

Sebuah sepeda motor, yang dijual oleh pabrikan, pastilah sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat penunjang yang sudah memadai untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna alias ridernya. Yang jelas dan pasti terpasang adalah seperangkat lelampuan meliputi lampu depan belakang beserta sein kiri-kanan, spion serta perangkat bunyi, yaitu klakson.

Klakson adalah sumber suara yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Salah satu alat komunikasi selain lampu. Kalau saia pribadi, fungsi klakson adalah memberitahukan keberadaan posisi saia pada pengguna jalan lain, apalagi kendaraan besar. Klakson bawaan orisinal, dengan bentuk dan bunyi standar tergolong minimalis kalau saia bilang. Bunyi “tin–tin” meski lumayan nyaring, tapi kalau untuk ‘bermusuhan’ dengan kendaraan besar macam truk dan bus, rada kecil kemungkinan terdengar. Nah, makanya saia kembali berinisiatif untuk mengganti klakson bawaan Honda New CB150R standart yang rada imut dengan klakson aftermarket.

Sama dengan Honda (Old) CB150R si ciput, bleki NCB150R saia juga saia pilih merk Denso. Selain karena kualitas sudah teruji sebagai merk OEM berbagai pabrikan kendaraan di tanah air, harganya juga relatif terjangkau. Ada sih merk Hella, Ferr hingga Stebel. Kualitas jempolan tapi ya itu, harganya bikin nangis bombay. Alhasil, pilih Denso model keong bertipe waterproof. Supaya tahan air kala dipakai hujan-hujanan dan terabas genangan masa lalu, eh ๐Ÿ˜† Sepaket Denso ini, saia tebus di harga IDR 135.000 di salah satu seller online. Mau beli offline, ternyata malah lebih mahal di tempat saia. Berisi sepasang klakson saja, tanpa ada kelengkapan lainnya. Alhasil, masih kudu beli beberapa peralatan tambahan seperti relay Hella yang dijual IDR 35.000, beberapa set skun/soket dan kabel.

Kenapa pakai relay? Ya supaya arus listrik ke klakson lebih stabil, mengingat konsumsi daya klakson ini jelas lebih besar dibandingkan klakson orisinal. Selain itu, juga menghindari konslet alias hubung singkat dan beban berlebih pada terminal saklar/switch klakson.

Untuk alur pemasangan, sengaja saia nggak membuat jalur baru seperti di OCB. Karena di OCB waktu itu sudah ganti holder lampu kepunyaan Yamaha Vixion. Di bleki NCB150 ini, saia pertahankan jalur orisinal. Jadi, switch klakson tetap menggunakan aslinya, bahkan klaksonnya nggak saia copot. Hanya soket kabelnya yang berubah. Siapkan kabel yang hendak dipakai dan pasang skun pada ujungnya sebagai konektor. Skun yang saia pakai adalah skun gepeng, yang sistem tancap , tinggal colok saja pada terminalnya. Khusus pada konektor aki, pakai skun terminal bulat yang ikut dibaut pada terminal aki. Kalau susah, bisa ikuti trik saia, selipkan serabut kabel pada konektor positif aki. Hati-hati ya, selalu lepas dulu terminal negatif aki, supaya lebih aman.

Buka shroud sisi kiri terlebih dahulu. Gunakan kunci L yang tersedia dalam toolkit bawaan. Lalu lepas juga klip pengunci di ujung depan shroud dengan cara ditekan saja. Tarraa..shroud pun bisa dilepas dengan mudah.

Siapkan kabel berikut skun. Khusus kabel yang menuju terminal positif (+) aki, sebisa mungkin rada besar ukurannya. Bukan hanya ukuran selubung luar, tapi juga ukuran serabut kawatnya, sebab menghantarkan arus listrik langsung dari aki ke relay. Kabel lain menuju klakson, cukup pakai kabel biasa saja, asal gak terlalu kecil. Kabel setrum positif, saia selipkan di terminal (+) karena kesulitan pasang skun bulatnya :mrgreen: Kalau ada tang kabel, lebih bagus karena hasilnya skun lebih rapi dan maksimal.

Skema pemasangan kabelnya, kabel klakson bawaan yang 2 buah itu, masuk ke kaki nomer 85 dan 86 di relay. Cukup dicopot saja dari terminal klakson tanpa melepas klaksonnya.

Lalu, kaki relay nomor 30, disambungkan dengan terminal positif pada aki yang pakai kabel rada besar tadi.

Lalu, kan tinggal satu kaki aja tuh di relay, yaitu nomor 87. Kaki ini yang disambungkan ke terminal positif klakson. Karena klakson Denso-nya sepasang alias 2 biji, bisa dipararel saja. 1 skun diisi 2 kabel sekaligus untuk positif klakson. Sementara negatif klakson, supaya nggak jauh-jauh dan simpel, cukup ditempelkan ke baut dudukan klakson saja.

Skema pemasangan kabel pada relay, bisa mencontek dari skema gambar berikut

pic : google

Penempatan relay, saia tempelkan dengan pengikatย cable ties dibalikย shroudย kiri. Persis dibelakang klakson aslinya. Aman dan terlindung dari air hujan, serta panas mentari dan praktis pula. Usai pemasangan relay berikut kabelnya, silakan pasang ulang shroud-nya.

Beralih ke kabel klakson, dirapikan saja menuju masing-masing klakson di sisi kiri dan kanan.ย  Kebetulan saia menggunakan baut sambungan rangka trellis sebagai dudukan klakson. Cukup buka dengan kunci L pada sisi kiri-kanan.

Masukkan plat dudukan klakson, lalu pasang kembali baut L-nya dan kencangkan. Mantap terpasang deh klakson Denso ini di sisi kiri-kanan. Kayak gini deh penampakannya.

Hanya ada satu yang kelupaan saia pasang, yaitu plastik penutup/pelapis skun. Solusinya, tutup saja dengan isolasi hitam untuk hindari skun dan terminal pada klakson kena air dan berkarat/rusak. Lalu, hasilnya gimana nih? Suara klakson Denso keong waterproof di Honda New CB150R. Mantap !! Bunyi klakson kiri dan kanan memang nggak sama, satunya high tone serta lawannya low tone. Kombinasi hasilnya, kencang dan enak didengar. Sip buat ngasih tanda saat diantara kendaraan besar, juga masih relatif sopan saat dipakai menyapa, cukup senggol dikit switch klaksonnya.

Berminat? Monggo luangkan waktu untuk pasang sendiri masbro, lebih asyik deh. Terutama, siapkan dulu klaksonnya ya. Semoga berguna dan semoga kepingin

Advertisements

10 comments on “Pasang klakson keong Denso waterproof di Honda New CB150R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s