SMK Kontes 2022, gelaran Yamaha STSJ untuk dunia pendidikan di Jawa Timur

Pagi masbro..

Sekolah Menengah Kejuruan, makin kesini kayaknya memang makin diminati ya? Terbukti, kalau dulu sekolah yang sering diidentikkan dengan sekolah anak lelaki, keras, bandel dan pastinya tawuran :mrgreen: , kini secara pasti lebih moncer. Beragam prestasi serta kemampuan teknis yang dimiliki selain kemampuan akademis, mendongkrak nama sekolah yang dulunya dikenal STM ini. Keunggulan pembekalan teknis inilah yang dilirik pabrikan otomotif tanah air, salah satunya Yamaha

Khususnya di Jawa Timur nih, ada puluhan SMK yang dibina oleh PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). Dan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan daya saing SMK binaan tersebut, diadakan gelaran SMK Kontes 2022 yang diikuti oleh 32 SMK

Setelah melewati babak penyisihan SMK Kontes 2022, babak final SMK Kontes 2022 dihelat STSJ pada hari Selasa (30/8) di Sentral Yamaha Surabaya.

Dari 32 SMK yang berpartisipasi, telah terpilih 12 SMK terbaik untuk maju ke babak final. Para finalis harus melewati ujian teori dan praktik yang telah disiapkan. Adapun materi yang diujikan dalam babak final mengenai perawatan berkala dan troubleshooting pada kendaraan.

“SMK Kontes ini menjadi salah satu cara kami untuk mengukur SMK binaan kami dalam menyerap materi yang sudah di sinkronisasikan antara pihak industri dan SMK apakah sudah terdistribusi dengan baik. Harapan kami tentu SMK binaan kami bisa meluluskan siswa yang secara kualitas sudah sesuai dengan standar mekanik Yamaha” demikian disampaikan Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part Yamaha STSJ.

“ Kami menguji seluruh rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan kejadian sehari-hari di bengkel mulai dari menerima konsumen dengan baik, memperbaiki motor, sampai mengembalikan motor konsumen yang sudah di service. Sehingga kegiatan seperti ini bisa membentuk mental siswa agar siap terjun ke bengkel ketika sudah lulus,” tambahnya. 

Pemenang juara 1 akan mendapatkan 1 Unit Xeon GT, piala juara 1, dan uang tunai Rp 1,5 juta. Juara 2 akan mendapatkan 1 Engine Mio M3, piala juara 2, dan uang tunai Rp 1 juta. Sedangkan juara 3 akan mendapatkan piala juara 3, dan uang tunai Rp 750 ribu. Seluruh peserta akan mendapatkan E-Sertifikat dari Yamaha STSJ. 

Berikut merupakan pemenang SMK Kontes 2022 :

Juara 1 – Luqman Azhari SMK Islam Al Amal Surabaya

Juara 2 – Mochamad Zamid SMK Negeri 1 Tuban

Juara 3 –  Aswim Ilham Mahardika – SMKN 3 Jombang

Hingga saat ini Yamaha STSJ sudah membina sebanyak 32 SMK di area Surabaya, 11 SMK di area Malang, dan 15 SMK di area Jember yang memiliki kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Wah, cukup banyak juga ternyata ya, semoga kedepan akan terus berkembang dan memajukan otomotif nasional melalui dunia pendidikan

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s