SMK Kontes 2022, bukti konsistensi Yamaha dukung industri pendidikan

Pagi masbro…

Yamaha Jatim kembali punya gawe bermanfaat nih. Mengakomodir siswa sekolah kejuruan, atau SMK, diadakan lomba mekanik sepeda motor berlabel “SMK Kontes 2022” yang diikuti sebanyak 32 SMK Binaan Yamaha di Jawa Timur.

Gelaran SMK Kontes 2022 oleh PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) ini merupakan bentuk keaktifan dan kekonsistenan Yamaha dalam mendukung industri pendidikan, khususnya di bidang Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Acara yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 24-26 Agustus 2022 merupakan babak penyisihan dari rangkaian acara SMK Kontes di Sentral Yamaha Kenjeran. Nantinya babak final akan diselenggarakan 30 Agustus 2022. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun dan meningkatkan keterampilan para siswa dari 32 SMK binaan Yamaha. Sekaligus menjadi ajang pembuktian untuk para siswa agar siap ketika terjun langsung ke industri” ungkap Dwi Suwanto, Instruktur Service Yamaha STSJ.

“Tujuan dari Program SMK Binaan Yamaha itu sendiri untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK dalam menghadapi industri langsung yang sesuai dengan kurikulum Yamaha Technical Academy (YTA),” tambahnya.

Pada babak penyisihan, peserta ditantang mengenai pengetahuan perawatan kendaraan dari segi teori dan praktek. Kegiatan akan dibagi kedalam 4 sesi selama 3 hari. Akan diambil 4 peserta dengan performa terbaik dari setiap sesi yang nantinya akan maju ke dalam babak final. 

SMK Kontes ini menggunakan metode pengujian sesuai dengan standar yang dimiliki oleh Yamaha.

“Ini merupakan kali pertama sekolah kami mengikuti SMK Kontes. Tentu harapan kami dengan adanya kompetisi ini, siswa kami semakin handal dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya. Kami juga ingin berterima kasih kepada Yamaha karena telah memberikan wadah untuk anak didik kami berkembang,” ungkap Mahfud Anwar, Guru Pembimbing asal SMKN 1 Tuban.

Bramasta Yuda Andhika, salah satu siswa dari SMKN Rengel yang ikut berkompetisi mengaku senang bisa mengikut SMK Kontes. Dirinya merasa tertantang untuk beradu kemampuan dengan sekolah lain. 

“Saya sendiri jadi bisa sharing pengetahuan dengan peserta lainnya. Kalo ada kesempatan tahun depan, saya juga pengen ikut SMK Kontes lagi,” tambahnya. 

Babak final akan diselenggarakan pada Selasa, 30 Agustus 2022 di Sentral Yamaha Kenjeran. Yuk, kita tunggu pelajar dari SMK mana nih yang bakal meraih peringkat tertinggi soal utak-atik dan perawatan sepeda motor

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s