Hayo, kenapa kebanyakan motor disini knalpotnya di sisi kanan?

Siang masbro..

Knalpot, adalah salah satu bagian vital kendaraan yang punya fungsi melepas gas buang dari mesin. Dengan beragam bentuk dan model, baik asli orisinal pabrikan atau modifikasi, sebagian besar kendaraan roda dua memiliki knalpot dibagian kanan.

Namun, pernah nggak kepikiran, semacam terbesit begitu, di pemikiran masbro dan mbaksis, kenapa nih mayoritas knalpot sepeda motor punya posisi di sebelah kanan motor? Nggak usah jauh-jauh, cukup motor Indonesia saja

 

Ada sedikit pencerahan yang cukup beralasan, dari salah satu Instruktur Service Yamaha PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) yaitu Dwi Suwanto, yang membeberkan fakta menarik mengenai mengapa knalpot sepeda motor diletakkan di sebelah kanan.

“Salah satunya adalah untuk keamanan dan kenyamanan pengguna. Biasanya nih, orang kalau turun dari motor biasanya kan dari sebelah atau sisi kiri,” ungkap beliau.

Dwi selanjutnya menyampaikan beberapa alasan mengapa knalpot mayoritas diletakkan di sebelah kanan. Pertama nih, tuas rem berada di sisi kanan motor, sehingga saat menghentikan motor secara otomatis kaki kiri akan menyeimbangkan. Alhasil, kaki tidak terkena knalpot yang panas.  

Kedua, untuk menghindari polusi emisi secara langsung ke pejalan kaki. Biasanya pejalan kaki akan berjalan di trotoar sebelah kiri, oleh karena itu agar tidak terkena polusi secara langsung maka knalpot diletakan disebelah kanan. 

Sementara, jika berkaitan dengan sisi teknis mesin, karena saluran pembuangan dibuat sedikit lebih kekanan alhasil knalpot diletakkan dalam posisi yang sama, sehingga alur pipa knalpot lebih seirama dan tidak mengganggu aliran gas buang.

Menurut Dwi, setiap peletakan komponen atau sparepart pada kendaraan sepeda motor sudah diperhitungkan sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Jadi sekarang, nggak penasaran lagi kan??

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s