Goyang tangki saat isi BBM, mitos atau fakta?

Pagi masbro..

Buat bikers lansiran tahun 70-80an, pasti sudah lumayan banyak makan asam garam jalanan. Maksudnya, pengalaman berkendara alias jam riding pasti cukup tinggi. Pengalaman berkendara, ilmu dan cerita juga sudah pasti banyak tersimpan.

Pasti kenal dengan istilah goyang tangki saat isi bensin? Yaitu menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi BBM yang kata orang-orang dulu, supaya bahan bakar bisa masuk maksimal ke tangki?

Kebiasaan ini kerap dilakukan oleh pengemudi yang sedang mengisi bahan bakar dengan tujuan tidak ada udara yang terperangkap sehingga pengisian bensin bisa lebih maksimal. Nggak peduli kendaraan mobil atau sepeda motor, bensin-solar dan segala macam jenis bahan bakar.

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menekankan bahwa menggoyangkan kendaraan saat pengisian BBM adalah mitos. Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kebakaran.

Ilham Wahyudi selaku GM Service dan Spare Part Yamaha STSJ mengungkapkan, bahwa hal ini perlu diluruskan.

ā€œKami ingin meluruskan kebiasaan yang masih sering kita jumpai di SPBU. Agar kedepannya setiap pengendara lebih berhati-hati dan tidak membahayakan satu sama lain,ā€ 

Lho, kok bisa?? Bisa dong. Antara lain, karena ujung nosel selang SPBU (spout nozzle)  terbuat dari metal atau logam, yang rawan dengan adanya gesekan dengan bagian mulut tangki atau bagian dalam tangki penampung bahan bakar. Bila berlanjut, apes, gesekan tersebut dapat memicu listrik statis dan percikan api. Sehingga kegiatan goyang kendaraan seperti ini justru bisa menimbulkan malapetaka.

Penjelasan terukur soal udara pada tangki kosong serta pengisian BBM bisa maksimal adalah seperti ini. Pada dasarnya, bensin berupa cairan yang akan mengisi setiap ruangan kosong di dalam tangki, sehingga dengan sendirinya bensin akan mengisi ruang yang paling rendah di dalam tangki. Pengendara tidak perlu takut rugi, karena volume bensin yang keluar bisa dilihat melalui indikator yang ada di SPBU.

Mengisi bensin yang benar dianjurkan hingga mencapai filler neck dari kendaraan masing-masing. Jika melebihi batas tersebut, bensin akan tumpah dan berpotensi jatuh ke area yang panas sehingga dapat memicu kebakaran.

Pastikan pengendara mengisi bahan bakar untuk motor Yamaha kesayangannya dengan menggunakan teknik yang benar ya masbro en mbaksis

Semoga berguna

One comment on “Goyang tangki saat isi BBM, mitos atau fakta?

  1. Pingback: Goyang tangki saat isi BBM, mitos atau fakta? - Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s