Motor kebanjiran? Usah panik, simak tips dari Yamaha Jatim berikut

Pagi masbro..

Memasuki musim penghujan, banjir menjadi hal yang ditakutkan oleh pengendara. Sering kali banjir menyebabkan kerusakan parah terhadap kendaraan, apalagi sepeda motor yang tergolong kecil dan rendah.

Banjir, selain membahayakan pengendara dan motornya, karena rawan terguling bahkan terseret arus air, juga berpotensi merusak mesin sepeda motor. Apalagi kalau sampai masuk mesin, terhisap, aduh dek…bubar jalan.

Oleh karena itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ bagi tips nih buat yang motor Yamaha-nya habsi kena banjir. Perlu pertolongan pertama yang tepat guna menghindari kerusakan parah. 

“Setiap pengendara harus memahami karakter dari kendaraannya masing-masing. Jika sekiranya ketinggian air melebihi tinggi dari knalpot kendaraan, lebih baik mencari alternatif jalan lain” ujar Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ

Berikut tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ :

  1. Jangan langsung menyalakan mesin motor.

Menyalakan mesin motor dalam keadaan banjir justru semakin memperburuk kondisi motor. Terlebih jika air melebihi tinggi mesin, kotoran dapat masuk ke bagian-bagian mesin sehingga berpotensi terjadi pengendapan yang nantinya membuat mesin menjadi berkarat.

2.                  Bersihkan Bagian Mesin yang Penting

Konsumen dapat menyiram dengan air bersih sembari melakukan pengecekan dan membersihkan bagian motor yang penting seperti busi, filter udara, blok silinder, knalpot dan lainnya. 

3.                  Cek Bagian Kampas Rem

Kampas rem yang tergenang air kotoran, nantinya bisa mengeras setelah kering. Alangkah lebih baik jika kampas rem segera diganti agar komponen tetap berfungsi secara optimal.

4.                  Cek Oli Kendaraan

Jika kendaraan terendam oleh banjir, penggantian oli sangat diperlukan. Oli yang tercampur dengan air akan merubah warna menjadi seperti susu dan berpotensi untuk menghambat kerja daripada mesin motor tersebut. Segera kuras dan ganti oli mesin baru sebelum menyalakan mesin

5.                  Lakukan Pemanasan Kendaraan jika sudah normal

Buang air yang masuk di dalam karburator, lalu coba untuk panaskan motor selama 3-5 menit sebelum dicoba menaikan Rpm motor. Setelah itu lakukan perawatan/tune up kendaraan di bengkel resmi.

Jika konsumen setia Yamaha mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekan terhadap mesin kendaraan, dapat menggunakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY). Teknisi Yamaha akan membantu konsumen untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan.

Untuk menggunakan layanan ini dapat langsung menghubungi Customer Service Yamaha di 08228 – 7777 – 898.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s