Assist and slipper clutch, fitur moge yang diadopsi Yamaha R15 V3

Pagi masbro..

Yamaha, telah membenamkan fitur yang ajib dan jamak digunakan pada motor gede pada jajaran motor 150cc. Yaitu, teknologi assist and slipper clutch pada Yamaha R15 V3. Nih motor, selain racy dan ganteng, beragam fitur sudah ditemplokkan untuk menunjang performanya

Masih ada yang kurang paham sama yang namanya assist and slipper clutch? Yuk, kita beberin singkat ya.

Dari nama, bisa diterjemahkan secara harfiah adalah bagian dari kopling motor. Teknologi ini, menambahkan perangkat yang selain membuat tarikan tuas kopling jadi lebih ringan alias enteng, juga mengurangi efek selip. Lebih komplitnya, simak penjelasan Ilham Wahyudi, GM Service PT Surya Timur Sakti Jatim.

“Fitur tersebut berada di kopling, ini awalnya lebih mudah ditemukan di motor Yamaha dengan kapasitas lebih besar,” beber Ilham Lalu apa sih keuntungan pakai assist & slipper clutch dan bagaimana konstruksinya serta cara kerjanya?

Keuntungannya, dengan teknologi assist pada kopling, handel kopling akan jadi lebih ringan. Sehingga tangan pengendara tidak akan mudah lelah terutama ketika di kemacetan. Hasilnya, saat handel kopling All New R15 ditarik memang terasa ringan banget, seakan pakai per yang lembek atau lemas tapi tetap responsif. Hal ini lah yang membuat tangan lebih rileks namun tidak mengganggu akselerasi motor.

Tidak hanya itu saja, keuntungan kedua adalah ketika engine brake saat menurunkan perseneling, tidak akan membuat roda belakang mengunci. Misal saat akan masuk tikungan, maka pengendara akan menurunkan gigi sehingga timbul engine brake, jika motor tanpa slipper clutch maka roda belakang mudah slide atau mengunci.

Dengan adanya slipper clutch maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling, efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol dan lebih nyaman pastinya.

“Jika digunakan untuk balap, masuk tikungan jadi lebih cepat tanpa perlu takut roda belakang slide atau mengunci,” tambah Ilham lagi.

Menurutnya efek engine brake ini makin besar jika kapasitas mesin besar ditambah rasio kompresi tinggi, makanya pada motor gede Yamaha terbaru, fitur ini sudah seperti kewajiban, tapi kini hadir di R15 sport bike 155 cc berperforma tinggi.

Selain itu, efek jangka panjang lainnya, karena engine brake lebih halus, maka usia rantai, gir hingga ban otomatis bakal jadi lebih panjang, karena hentakan berkurang. Wah, banyak juga efek karambol positif adanya fitur assist and slipper clutch ini

Nih motor yang dijual IDR 39 jutaan OTR Surabaya, punya 3 varian warna yaitu biru, silver dan hitam

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s