Honda NC750X, tampilan moge yang sangat akomodir

Pagi masbro..

Bila membahas tentang motor gede, pasti yang hadir dalam benak kita adalah sebuah motor yang punya tampilan gahar dan kekar, dibekali dengan mesin besar yang pasti sangat bertenaga, bunyi knalpot yang menggelegar, dan kebanyakan, nggak semua sih, kurang pas dipakai harian.

Namun, salah satu moge Honda, bisa membalik semua itu. Adalah Honda NC750, moge yang bisa dibilang sangat akomodir kepada penunggangnya. Lha gimana nggak? Dibalik sosok besarnya, khas motor laki/batangan dengan tangki dan half fairing motor penjelajah, dengan mesin besarnya berkapasitas 750cc, ternyata sangat ‘memanjakan’ penggunanya.

Generasi terbaru

Honda NC750X dan NC750DCT yang dirilis akhir tahun 2020 lalu, tetap menyajikan kemudahan akomodasi. Fitur bagasi didepan, yang berwujud tangki ala motorsport, bisa dibilang adalah fitur yang luar biasa. Punya kapasitas sebesar 23 liter, dan juga telah dilengkapi colokan USB untuk isi daya gadget.

Lha tangki bensinnya dimana? Karena posisi depan sudah diisi oleh bagasi, tangki BBM digeser ke belakang nih. Posisi tepatnya ada di bawah jok pembonceng. Hmm….jadi ingat Supra X125 Helm-in edisi perdana ya

Posisi berkendara tegak yang nyaman dan sigap untuk jarak jauh maupun harian, disajikan dengan hadirnya setang lebar yang cukup tinggi, sehingga pengendara nggak perlu membungkuk untuk meraih setang. Masih diimbuhi oleh windshield yang bisa disetel ketinggiannya, yang bermanfaat sebagai tameng angin pengendara

Pembangkit tenaganya, adalah mesin 2 silinder sejajar yang berkubikasi persis 669cc OHC dengan 4 katup, yang terbilang sederhana dan nggak canggih-canggih amat laiknya motor kekinian dengan tenaga maksimal 57,5 HP. Namun, dengan torsi maksimal 69Nm yang diperoleh di putaran rendah, sekitar 4.750 rpm, sudah lebih dari cukup untuk membawa pengendara melaju dengan mantab. Nggak perlu betot gas dalam-dalam, karena torsi maksimal sudah didapat pada rpm rendah, dan ini juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dong..

Apalagi pada varian DCT, alias Disadvantages of Dual Clutch Transmission, setting transmisi 6 kecepatan bisa diatur dengan mode throttel by wire, cukup tekan tombol untuk memilih mode penyakuran tenaga. Mau santai atau agresif, ada 4 mode yaitu sport, rain, standard serta custom yang bisa diatur sesuai keinginan , tanpa perlu menekan tuas kopling laiknya motorsport biasa. Asik kan??

Bobotnya ternyata juga nggak seperti yang kita bayangkan. Dengan kategori moge 750cc, bobot nih motor hanya di angka 214 kg saja. Tuh, lha wong motorsport kelas 250cc di tanah air saja, kisaran bobotnya masih sekitar 160-190 kiloan.

Kayaknya nih, kayaknya, bisa dikompori untuk masukkan nih motor ke tanah air melalui pabrikan AHM. Selama ini sih, yang nongol versi importir umum, syukur-syukur bisa menekan harga jual, yang kalau di Eropa mencapai 160 jutaan.

Semoga kepingin

One comment on “Honda NC750X, tampilan moge yang sangat akomodir

  1. Pingback: Honda NC750X, tampilan moge yang sangat akomodir | Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s