Modifikasi Yamaha XSR155, bergaya modern cafe racer

Pagi masbro..

Yamaha XSR 155, memang hadir di segmen motor hobi. Dengan desain retro yang dikombinasikan dengan modernisasi kekinian, yang akrab diistilahkan retro modern. Tampang standar XSR sih sebenarnya sudah ganteng dan modis, yang jelas dipakai harian pasti menarik perhatian, karena modelnya yang nggak pasaran.

Namun, beda lagi bila sudah sampai di tangan modifikator. Beuh, ada aja “ulahnya” , termasuk salah satu bengkel modifikasi K-Speed asal negeri gajah putih. Nih bengkel emang tersohor akan tangan dinginnya mengolah custom beberapa motor yang bisa berubah 180 derajat ketimbang aslinya.

XSR 155 ini salah satunya. Ubahan ektrem di rangka tengah hingga belakang, yang dipotong dan dibuat ulang dengan posisi lebih tinggi. Sasis deltabox khas Yamaha dipertahankan, namun sasis tengah hingga belakang dibuat ulang dengan menggunakan bahan pipa. Selain lebih tinggi, area belakang juga lebih pendek khas pengendara dewean, alias single seat saja yang diaplikasi.

Memperkuat kesan kosong di tengah, dimana area sasis tengah sangat diekspose, tangki penampung bahan bakar juga didesain ulang pada bagian belakang sehingga layaknya tercoak. Sebagai tempat duduk pengendara, dudukan jok spesial, dengan balutan kulit hitam dengan model busa tipis, tersambung dari ujung belakang tangki.

Dudukan footstep pembonceng ditebas habis, berikut penggantian knalpot dengan model lebih pendek, nyaris menyerupai knalpot kolong. Hasilnya, lengan ayun orisinal yang bermodel pisang, jadi kelihatan jelas, dan bikin karakter motor lebih kekar. Apalagi, diimbuhi dengan penggunaan ban model gendut ala-ala bobber dengan pattern garis-garis lurus. Kayaknya Shinko nih, terpasang di velg orisinal XSR 155 yang bermodel palang 10

Suspensi depan belakang, hingga perangkat pengereman, juga masih cukup andalkan aslinya. Maklum sih, sudah terpasang perangkat kekinian, seperti monosok yang bisa disetel, sokbreker asepdon, eh, upside down berikut rem cakram di roda depan dan belakang.

Pamungkas, adalah memasang setang jepit atau clip-on dengan posisi di bawah segitiga atas. Lebih dikenal dengan underyoke, yang membuat posisi pengendara jadi sangat sporty, tiarap. Alhasil, penempatan lampu depan orissinal XSR berikut panel dasbor juga menyesuaikan, lebih rendah.

Hasilnya??

Dan bila dibandingkan dengan kondisi standar, ini penampakannya. Berubah..

Kembali, selera modifikasi tiap orang berbeda. Dan inilah yang memang dimaui pemilik motor, gaya modern cafe racer. Gimana, minat juga? Monggo, dibuat inspirasi modifikasi ajib kok

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s