Kawasaki Ninja ZX25R mulai produksi? Weh

Pagi masbro..

Sebagaimana diketahui, pandemi corona virus yang menyerang negeri ini, berimbas banyak. Dunia otomotif salah satunya, termasuk jadi mandegnya rilis beberapa motor baru. Kawasaki Ninja ZX25R, alias si Ninja 250cc 4 silinder, jadi termasuk salah satu korbannya. Rilis motor ini, yang sedianya pas tanggal cantik yaitu 4 – 4 – 2020, terpaksa ditunda. Padahal, pas ya…4 silinder, pada hari ke-4 bulan ke-4.

Terus, progressnya gimana? Mandeg juga? Nggak ternyata masbro. Dari pantauan lek IWB, infonya PT KMI tetap memproses si Ninja. Bahasa tepatnya nggak memproduksi, tapi merakit lebih tepatnya. Lah? Yups, merakit karena suku cadang ZX25R nggak sepenuhnya produksi lokal Indonesia, tapi kombinasi produk lintas negara. Antara lain sih, Indonesia, Thailand dan Jepang.

Selain rilis yang dipaksa mundur gegara Covid-19, proses produksi eh, perakitan di pabrik pun juga terkendala. Lha gimana nggak, lha wong kena efek pemberlakuan PSBB. Dimana, banyak bidang usaha yang mengurangi jam kerja, termasuk bahkan menghentikan operasional sementara, termasuk PT Kawasaki Motor Indonesia. Otomatis berimbas pada pengerjaan perakitan nih. Oke-lah, katakan suku cadang alias spare part tersedia komplit, sudah dikirim dari vendor. Lha karyawan yang merakit, nggak bisa maksimal karena ubahan jam kerja, bahkan banyak juga yang diliburkan,

Trus, sudah ada stok unit motor yang siap di gudang KMI? Infonya, memang sudah ada. Unit ini, merupakan produksi dari Jepang dan dikirim ke Indonesia untuk persiapa rilis April lalu (yang ditunda) serta menyediakan unit untuk konsumen yang melakukan pemesanan alias pre order. Jadi ya, kemungkinan memang nggak banyak stok ZX25R.

Lalu, kapan nih, rilis sekaligus buka inden ? Kemungkinan, memang bakal seperti kegiatan yang lain, dilakukan berbasis online, hehehehe. Waktunya, ada kemungkinan tentunya kondisi aman, setelah lewat PSBB dan covid-19 mereda. Bulan Agustus-September, bisa jadi, lagi-lagi tergantung keadaan. Bila membaik tuh..

Dan sekedar info saja, suku cadang ZX25R yang terpantau butan lokal antara lain adalah velg yaitu bikinan Enkei Indonesia, serta suspensi up-side down racikan Showa. Modelnya, USD SFF-BF, yaitu yang sisi kanan dan kiri sokbreker depan berbeda fungsi.

 

Udah ah, mari kita berdoa bersama, moga saja covid-19 ini segera enyah dan terselesaikan di Indonesia. Mumet bener, kerjaan terhambat, mata pencaharian terganggu, kesehatan juga.

Semoga berguna

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s