Ketemu Seli di Malang, imut juga ya

Pagi masbro..

Seperti biasa, aktifitas rutin menembus jalanan padat menuju ke kota mencari nafkah, seringkali menemukan banyak pemandangan, eh, penampakan unik. Ya motor atau mobil, ya pengguna jalan, banyak deh yang unik-unik ketemu di jalan. Makanya, perlu antisipasi dengan menyiapkan ponsel, hehehe

Kali ini, ketemu dengan sebuah kendaraan yang unik. Kalau saia pribadi sih, baru ketemu pertama kali ya ini, nggak tahu juga kalau sudah banyak yang wira-wiri melintas di Malang. Yaitu penampakan sebuah kendaraan mungil beroda tiga yang komplit, punya pelindung atas/atap.

Punya dimensi yang mungil, dan sekilas rendah banget. Saat mendekat, ternyata ini masuk kategori motor listrik, punya judul Selis. Saia buntuti beberapa lama, sampai terpisah karena beda arah. Yang duduk mengemudi, ibu-ibu dengan beberapa barang belanjaan di bagian jok belakang. Penasaran, sampai tempat kerja, nyari indo deh, dan ternyata nama resminya adalah Balis. Yups, Selis Balis lengkapnya. Sepeda listrik keluaran Selis Indonesia yang bermarkas di Tangerang sana. Sebagai info, ada banyak model produksi Selis ini, dan salah satunya beroda 3 si Balis

Balis, berbasis sepeda motor dengan tenaga penggerak motor listrik berkapasitas 1500 watt. Dan sebagai sumber penggerak  si motor, adalah baterai atau aki yang lumayan besar, yaitu 50 Ampere. Sisi eksterior, pengemudi dan penumpang, terlindungi oleh bodi macam mobil mungil, yang punya pintu di sisi kiri dan kanan. Asik nih, kalau hujan gak ribet cari jas hujan, plus kaca depan juga sudah ada wiper-nya. Roda Balis, punya dimensi berbeda antara depan dan belakang. Roda tunggal depan punya ukuran 130/60-13 sementara dua roda belakang diameter lebih kecil yaitu R12 dengan ban 135/70-12. Suspensi depan teleskopik laiknya sepeda motor biasa, plus dilengkapi rem cakram.

Lampu penerangan juga komplit. Lampu depan ganda dengan siluet besar dan memanjang kesamping ala skutik gede. Sein depan -belakang juga ada, termasuk lampu belakang serta lampu mundur berwarna putih. Pun sepasang spion untuk memantau keadaan belakang lengkap terpasang di kiri kanan pintu.

Interior, paling nampak adalah setang layaknya sepeda motor di bagian depan. Dilengkapi panel dasbor model digital, indikator baterai, kecepatan serta beberapa lampu indikator sein dan lampu depan. Ada juga beberapa tombol, seperti klakson dan wiper serta tombol transmisi. Yang dinamakan transmisi adalah tombol untuk merubah posisi gir maju atau mundur. Yups, hanya ada 2 mode itu saja, maju dan mundur. Nggak ada girboks yang macam-macam.Kecepatan maksimal Balis ada di angka 50 kpj

Jok pengendara mirip punya mobil juga, sementara jok penumpang sederhana di belakang. Kapasitas muat, bisa mengangkut 3 orang termasuk pengemudi dengan beban maksimal 380 kg. Lumayan juga ya? Kemampuan batere Balis, untuk sekali charge hingga penuh, adalah mampu menempuh jarak berkisar 50-60 kilometer. Ada indikator petunjuk sisa daya pada dasbor, sehingga memperingatkan pengemudi kalau waktunya melakukan pengisian daya ulang yang memakan waktu antara 6-8 jam. Lama juga ya ngisinya

Last, yang jadi pertanyaan ya soal legalitas si Selis Balis ini saat melenggang di jalan raya seperti saat saia jumpai. Lha gimana nggak, wong nggak punya identitas apapun, plat nopol juga tidak ada. Masih rancu juga soal motor listrik ini, karena harusnya sih, menurut info yang saia dapat, nggak boleh berkeliaran di jalan terkait legalitasnya.

Sebenarnya, jadi pilihan kendaraan alternatif nih, karena bahan bakar yang terbarui alias bukan bahan bakar fosil. Entahlah, mungkin masih perlu waktu dan pembahasan lanjutan di  tingkat atas negeri ini. Semoga berguna

3 comments on “Ketemu Seli di Malang, imut juga ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s