Honda CB500 series dapat update nih

Pagi masbro..

Varian motor Honda di kelas 500cc, yaitu CB500 series, baru saja mendapatkan beberapa ubahan untuk model 2019.  Tiga motor yang berbasis sama, yaitu mesin 2 silinder 500cc sebaris/inline ini adalah Honda CB500F. CB500X dan versi sporty yaitu CBR500

Mulai dari yang berbaju dulu ya, si CBR500. Versi 2019 , ada ubahan di body. Lebih lancip dan sporty, dan sudut lancipnya, pas dengan model lampu depan menyipit garang. Headlamp berbasis lampu LED, kekinian dan lebih terang serta hemat daya. Ubahan juga ada pada panel meter alias dasbor yang aplikasi panel LCD. Salah satu fiturnya, yaitu ESS emergency stop signal, lampu hazard otomatis, malah sudah tertanam di CBR150R Indonesia edisi 2019.

Ubahan lain adalah posisi setang yang racy banget. Posisi mengendara jadi membungkuk karena setang jepit/clip-on terpasang di bawah segitiga setang alias underyoke. Suspensi teleskopik 41 mm punya setelan preload yang bisa disesuaikan dengan tipikal jalan yang akan dilintasi. Sektor mesin, masih tetap dengan dapur pacu 2 silinder 471cc yang punya tenaga maksimal 48 HP.

Lanjut CB500F. Varian telanjang alias naked dari seri ini, ada beberapa ubahan juga. Lebih langsing alias slim kini. Paduan tangki, shroud dan area body belakang, khas motor naked yang simpel banget, namun nggak meninggalkan kesan sporty. Suspensi depan belakang meski masih teleskopik biasa, namun ada imbuhan setelan seusai keinginan pengendara. Lampu depan belakang hingga sein semua adopsi sistem LED, termasuk panel dasbor yang bertipe LCD negatif.

Yang asyik, sektor mesin setting berubah untuk memaksimalkan torsi dan tenaga di putaran bawah dan menengah, khas motor naked. Oh iya, sistem kopling dibenamkan  yang diklaim lebih nyaman.

Terakhir, si X. Honda CB500X. Masih mengandalkan tampilan crossover alias motor yang nyaman untuk on dan semi offroad berbasi CB500F. Ubahan pada lampu depan serta windshield yang lebih lebar. Mampu maksimal melindungi pengendara drai terpaan angin kencang saat riding. Lebih aman dan nyaman

Diameter roda juga berubah, utamanya roda depan. Kini, menggunakan velg yang punya diameter 19 inchi, yang menggusur velg lawas diameter 17″. Lebih jangkung nih jadinya, karena diameter roda jadi membesar.  

Mesin twinnya mengalami perubahan setting dari timing valve intake . Alhasil,  torsi maksimum lebih cepat diraih yaitu  43NM pada 6500 rpm. Lebih rendah dibandingkan versi sebelumnya di 7000 rpm. Slippery clutch juga sudah terinstall, yang bikin makin nyaman di perjalanan. Sumpah, si X ini bikin saia ngiler. Gahar, jangkung (kayak saia) dan bertenaga, hehehehe

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s