Pilih motor untuk mudik

Pagi masbro..

Dalam rangka, eh, mendekati hari raya kan sudah pada persiapan nih untuk mudik alias balik ke kampung halaman. Nah, buat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, spesial sepeda motor, ada baiknya menghitung ulang nih, sepeda motor yang hendak dipakai.

Memang, yang sering jadi pilihan, ya sepeda motor yang ada dan biasa dipakai sehari-hari. tapi, khusus mudik ini, banyak faktor yang  perlu dipertimbangkan masbro dan mbaksis. Seperti jarak tempuh, boncenger dan muatan yang dibawa. Karena, nantinya hal-hal ini juga berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Bila sehari-hari untuk mobilitas menggunakan skutik kompak, karena pertimbangan praktis dan lincah, bisa sih dipakai mudik. Cocoknya, skutik yang rada gede, baik dimensi maupun mesin. Dimensi besar, otomatis jok lebih lega, sehingga baik pengendara maupun boncenger bisa duduk nyaman dan merubah posisi dengan mudah selama perjalanan. Ditambah lagi , skutik jenis ini juga mengakomodir bawaan yang lebih banyak karena punya bagasi lebih besar. Dari sisi mesin, kapasitas 125cc hingga 150cc keatas, terbilang mampu dan bertenaga dibawa perjalanan jauh. Contoh skutik yang pas ada Suzuki Address, Honda Vario 125-150-PCX, Yamaha Nmax-Lexi-Mio S-Aerox. Ajib lagi nih, pake skutik gede macam T-Max, gahar sekaligus bisa buat mejeng di sekitar rumah 😆

Buat yang demen motor bebek buat mudik, masih oke juga kok. Pilihan cub yang mampu diajak ngetrip mudik ada beberapa bisa dipilih. Yamaha dengan MX150-MX King, atau seri Jupiter juga masih oke kok meski mesinnya masih 110cc. Lalu Honda Supra X 125  dan GTR 150. Motor bebek, memang sedikit kurang populer sih. Secara sisi praktis kurang, kalah dengan praktisnya skutik. Belum juga kemampuan mesin yang terbilang pas-pasan, apalagi kalau soal bagasi, kalah telak deh dengan skutik.

Terakhir , tipe sport nih. Varian motor laki ini, kubikasi mesin minimal yang tersedia adalah 150cc. yang jamak beredar di tanah air ada 2 pilihan model, sport fairing dan sport naked. Paling cocok dan nyaman dipakai jalan jauh, jelas naked. Posisi berkendara nggak kelewat menunduk macam sport, yang lebih mengutamakan sporty dan aerodinamis. Terbayang kan pegalnya tangan serta punggung ‘dipaksa’ menunduk jalan jauh? Naked lebih bersahabat ergonominya baik untuk pengendara maupun pembonceng. Ada Yamaha Vixion-Byson dan MT-25 di kelas mesin 250cc. Sementara Honda tersedia CB150R – Verza dan Kawasaki ada Z250. Kalau Suzuki, ada tuh GSX-S 150

Last, apapun pilihannya, pastikan ukur kemampuan diri. Jangan memaksakan, baik pembonceng maupun muatan melebihi kapasitas. Berbahaya nih, untuk keselamatan. Ya buat pengendara dan boncenger juga orang lain.

Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Pilih motor untuk mudik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s