Siap sambut pemudik, berikut tarif tol terbaru dan lokasi top up saldo e-toll

Pagi masbro..

Bulan Ramadhan sudah dilalui hampir separonya. Makin mendekati hari raya Idul Fitri nih. Waktunya buat yang berdomisil di luar kota, untuk balik ke kampung halaman, dan bersua dengan keluarga dan sanak saudara.

Nah, ada sedikit info nih buat masbro dan mbaksis yang mau mudik ke Jawa. Eh, maksudnya, ke kota lain di pulau Jawa, dari ibukota Jakarta.  Bahasanya yang mudik kan kebanyakan seperti itu, hehehehe. “Mau mudik ke Jawa” pasti bilangnya seperti itu. Untuk yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga, kan biasanya pakai mobil tuh. Supaya mempersingkat waktu, pilihan jalur tol alias jalur bebas hambatan (dulunya 😆 ) merupakan pilihan tepat karena dirasa bisa memangkas waktu perjalanan.

Berikut, ada informasi tarif tol jalur sepanjang dari Jakarta hingga Surabaya – Jawa Timur. Meskipun ada beberapa jalur tol baru yang sementara masih fungsional alias dibuka sementara, tapi yang jelas aman dan bisa dilalui untuk arus mudik dan balik 2018. Eh iya lupa, untuk tol fungsional, bebas biaya lho alias gratis

Kalau dihitung secara perkiraan kasar nih, biaya tol  dari Jakarta hingga Surabaya, biaya tol-nya saja ada di angka IDR 351.500. Termasuk ‘fasilitas’ tol gratis karena status fungsional alias sementara.

Lanjut. Dengan diberlakukannya gerbang tol non tunai di hampir seluruh ruas tol, keberadaan kartu e-Toll adalah mutlak dan wajib. Jadi pastikan, masbro dan mbaksis yang akan memanfaatkan jalan tol, punya kartu ini dan juga ada saldonya 😆 Masa iya ada kartu nggak ada saldo, kan tetap nggak bisa dipakai. Kartu e-Toll, ada beragam kok, banyak produk dari berbagai bank maupun non bank, jamak juga disebut dengan e-Money. kartu ini, bisa diisi ulang saldonya atau istilah kerennya top up di ATM bank ataupun di minimarket tertentu yang melayani. Nah, kini juga ada solusi jitu dari pengelola jalan tol. Jasa Marga beserta pihak bank, menyiapkan juga lokasi pengisian ulang saldo e-Toll maupun e-Money di beberapa gerbang tol untuk memudahkan pengguna yang kehabisan saldo. Berikut daftar gerbang tol yang mempunyai fasilitas top up saldo kartu elektronik.

Selain di gerbang tol, juga ada armada pengisian ulang saldo yang bergerak alias berbentuk mobil. Yang ini hanya ada 5 unit yang tersebar di beberapa lokasi saja.

Semoga bermanfaat ya. Selamat mudik dan semoga selamat sampai di tujuan masing-masing.

 

 

 

 

 

Advertisements

5 comments on “Siap sambut pemudik, berikut tarif tol terbaru dan lokasi top up saldo e-toll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s