Botjor, Suzuki GSX-R150 non keyless

Pagi masbro..

Santer beredar sebelumnya, kalau pabrikan “S” yaitu Suzuki, akan merilis varian sport fairingnya yang punya sedikit perbedaan dengan varian GSX-R 150 sebelumnya. Salah satunya yaitu bakal dilepasnya sistem keyless yang sebelumnya terinstall pada nih motor.

Sistem ini, memang terbukti ampuh menjaga keamanan si motor. Lha gimana nggak,  motor nggak bakal bisa dinyalakan kalau si remote nggak ada dekat sama motornya. Minimal jarak 1,5 meteran, baru deh bisa dinyalakan meski sebenarnya, tetap ada anak kunci kok di tombolnya ON/OFF starternya. Nah, via warungnya lek IWB, nongol penampakan sosok sebuah, eh, 1 set kunci berlogo S. Mirip punya Suzuki GSX-S 150 nih, tapi tanpa tonjolan magnet laiknya kunci kontak motor jaman now.

Usut punya usut, sangat  patut diduga, kunci kontak ini adalah milik Suzuki GSX-R 150. Tanpa dilengkapi wireless remote seperti biasanya, justru ada benda bulat hitam yang menjadi satu dalam rangkaian kunci kontak ini.

Bisa jadi nih, Suzuki mendengarkan masukan konsumen soal kunci kontak ini sehingga menghadirkan GSX-R non keyless. Yang jelas, fitur keamanan nggak bakal diabaikan oleh pabrikan. Benda bulat kecil yang ada dalam paket kunci kontak itulah pembuka tutup kontak alias shutter key. Lho, kok terpisah-pisah gitu ya? Nggak praktis macam kunci kontak motor lain yang jadi satu dengan  pembuka shutter? Ah, nggak juga masbro kalau nggak praktis. Toh pemakaiannya juga sangat mudah. Cukup dicolok dan ditekan pada lubang shutter key, bakalan terbuka deh penutupnya sehingga bisa dimasuki kunci kontak.

Menurut informasi, desain ini merupakan permintaan dari Suzuki pusat Jepang sono, terkait dengan sisi safety. Dengan  desain gundul alias polos si anak kunci kontak ini, mengurangi resiko keselamatan pengendara bila terjadi kecelakaan. Terutama hantaman pengendara ke area depan, mengingat si GSX-R ini  racy banget posisi ridingnya. Enak  buat tiarap, sembunyi dibalik windshield sambil ngegas.

Last, masih belum ada informasi tambahan, sehingga belum tahu juga sih, apakah nantinya akan ada 2 varian GSX-R 150 yaitu dengan keyless dan satunya non keyless. Bisa saja akan seperti itu sehingga makin banyak pilihan untuk konsumen dengan penyesuaian harga jual. Ditunggu saja penampakan aslinya ya masbro..

Semoga berguna

 

 

 

Advertisements

One comment on “Botjor, Suzuki GSX-R150 non keyless

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s