Honda rilis 3 sekaligus motorsport naked retro bike

Pagi masbro..

Di acara EICMA 2017, Milan, Italia, Honda telah merilis sekaligus 3 motor sport terbaru dengan tampilan yang notabene gres. Yaitu bergaya sport naked retro bike. Nah lo, panjang deh namanya. Yang jelas, dari namanya, secara singkat adalah tampilan motor bergaya retro alias klasik, namun mendapatkan sentuhan modern ala masa kini. Apa aja sih? Yaitu Honda CB125R , Honda CB300R dan sang kakak, Honda CB1000R.

Serupa tapi tak sama. Itu yang pertama kali tersirat dari tampilan ketiganya. Sama-sama mengusung model mirip, yaitu gaya retro. Paling kentara, yaitu desain headlamp bulat yang klasik banget. Asiknya, desain klasik bulat lampu depan ini, mendapatkan sentuhan modern dengan penggunaan sistem LED sebagai pengganti bohlam. Mantap khaan..

Ringkas dengan desain body ala naked bike, tanpa ada fairing menutupi mesin. Tersisa, adalah sebentuk shroud yang terpasang dari ujung depan tangki hingga menurun, mendekati mesin. Demikian pula sokbroker terbalik alias up side down yang terpasang pada ketiganya. Tentu dengan ukuran diameter yang berbeda, menyesuaikan dimensi motor masing-masing.

Menjadi pembeda, adalah bongkahan mesin sebagai penggerak utama. Paling kecil, memang CB125R. Mesin 1 silinder berkapasitas 125cc ini, merupakan reborn alias penampilan lanjutan dari Honda CB150R Exmotion yang beberapa waktu lalu sudah rilis di Thailand. Ngeh kan, kenapa sosok ketiga motor ini seakan mirip dengan sesuatu ya? hehehehe..

Untuk menutupi mesin yang tergolong imut, ditambahkan lah aksesori berupa cover engine, yang memang cukup membantu, mengimbangi tampilan gede tangkinya. Dimensi gagah, dengan USD besar, velg berikut ban yang juga bertapak lebar, menghilangkan kesan imut bahwa motor ini berkapasitas hanya 125cc. Apalagi desain silincer-nya bergaya underbelly atau knalpot kolong istilah anak motor, keren dan ringkas.

Kakaknya, berkapasitas 300cc, adalah CB300R. Sama desainnya, dengan sokbreker USD yang lebih besar, demikian pula rodanya. Yang ini, cover engine terpasang lebih kecil dan mungil dibanding CB125R. Maklum, ukuran mesin lebih besar, jadi sudah lumayan mendongkrak padat sisi  bawah tangki. Mesin 300cc yang mengusung desain 1 silinder alias single , lumayan gede juga. Liukan leher knalpot yang cuma 1, berujung pada silincer bongsor. Gede di belakang.

Nah yang terakhir, kakak paling senior, Honda CB1000R. Bermesin 4 silinder segaris, DOHC berkapasitas 1000cc, jian mantap fisiknya. Shroud berkelir silver, menutup radiator gede yang mendinginkan mesin. Lalu, nongol pipa knalpot sebanyak 4 biji sekaligus, yang akhirnya berujung pada 1 silincer di sisi kanan motor. Pembeda utama dari CB1000R ini dengan adik-adiknya, adalah diameter dan warna sokbreker USD yang terpasang. Bila pada CB125 dan CB300 sokbreker depan berwarna silver , khusus CB1000R lebih garang. Warna hitam legam dipilih, makin menguatkan kesan garangnya.

Demikian pula warna mesin hitam, makin sangar dan misterius yak. Kontras dengan warna silver pada silincer yang kebalikan dengan CB125R dan CB300R . Ajibnya, roda belakang pincang masbro, alias menggunakan lengan ayun sebelah saja. Yups, sistem swing-arm Honda CB1000R ini memakai pro-arm alias lengan ayun tunggal. Weh, kalau soal pro-arm,  kok saia terus menerus ingat pada si legendaris jambakan maut, Honda NSR150SP yak? Hiks…motor langka yang makin tak terbeli

Last, tampilan ketiganya ini, memberikan tanda keseriusan Honda pada pasar motor retro modern. Bila sebelumnya, mode ini dianggap sebagai hobi saja, alias dipandang sepi peminat, rupanya kini tidak lagi. Mantap deh, makin beraneka tipe motor, hehehehe, makin rame. Ada yang berminat? Sabar ya, nunggu IU alias importir umum di negeri ini yang jelas akan segera mendatangkan moge-moge ini.

Semoga berguna

 

 

 

Advertisements

4 comments on “Honda rilis 3 sekaligus motorsport naked retro bike

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s