Sundel Bolong si penggoda lelaki suka custom motor, pemenang Honda Modif Contest

Pagi masbro..

Ini bukan artikel horor, tapi nama salah satu lelembut yang populer di tanah air, yang dipakai sebagai nama sebuah motor custom modifikasi beraliran chopper. Adalah Hasan Law, modifikator dari Pandawa Motorbike yang merupakan salah satu perwakilan PT MPM Jawa Timur dalam ajang lomba modifikasi Honda Modif Contest.

Modifikator ini, piawai merubah drastis tampilan motor. Nah, ada yang bisa menebak nggak, aslinya ini ‘Sundel Bolong’ dari basis motor apa?

Aslinya, ini adalah Honda Supra X 100, lansiran tahun 2004. Weleh, berubah drastis kan tampilannya? Lha wong aslinya bebek standar yang kayak punya bapak saia meski beda tahun :mrgreen:

Tangan kreatif Hasan Law, mampu menerjemahkan ide liar sebuah chopper yang  umumnya berbasis mesin tegak ala sport, dengan mesin tiduran khas bebek. Alhasil, itu Supra X 100cc, hanya terpakai mesinnya saja. Sasis alias rangka, dibuat sendiri dengan pipa galvanis sesuai angan dan gambaran modifikator. Sokbreker klimis berlapis krom didepan berikut roda  berdiameter 19 inchi bertapak sempit, membuat bagian depan tinggi mendongak. Tampilan tanpa sepatbor depan dan rem membuat sektor depan bersih.

Sasis ala double craddle sukses menjadi dudukan mesin yang pas. Terus menyambung ke area belakang, memegang poros roda belakang yang dialasi velg lebar krom diameter 17 inchi dengan ban gede. Tersemat rem cakram di sisi kanan, sementara penggerak tetap andalkan sistem rantai dan gir. Mengisi kekosongan arae bawah tangki yang masih mirip model tetes air, Hasan memanjangkan saluran masuk bahan bakar alias leher angsa karburator sehingga lebih tinggi mendekati tangki. Masih disambung pula dengan filter model terbuka.

Mesin dipoles krom mengkilap, dan makin gahar dengan model knalpot lurus ala bambu runcing. Tampilan padat di tengah juga bertambah dengan model jok single seat dan kotak aki di bawah jok yang dikamuflase mirip bentuk body tambahan. Ajib memang tampilan Sundel Bolong ini, makanya nggak heran, juri HMC 2017 nggak sungkan memilihnya sebagai juara dalam beberapa kategori sekaligus. Yaitu 1st National Winner Best Media Pick, 1st National Winner Free For All, dan National Champion Free For All pada ajang final battle HMC 2017, di even akbar Honda Bikers Day 2017 Gunungkidul DIY lalu. Padahal, pesaingnya nggak main-main, sebanyak 84 modifikator terbaik yang menjadi pemenang 14 kota penyelenggaraan HMC bersaing untuk merebutkan 3 gelaran juara nasional di 3 kategori yang diperlombakan, yakni All Stock Advance > 2006, Free For All dan All Stock Advance < 2006. Sementara, penjurian dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek penilaian seperti ide dan konsep yang diusung, fungsi, estetika, finishing dan detail dari unit motor modifikasi. Ketat banget pokok-e

 

Hasan Law nggak sendiri meramaikan gelar juara dalam HMC 2017 ini. Ada beberapa modifikator yang menjadi perwakilan MPM dalam kontes modifikasi ini yang juga meraih gelar juara. Antara lain, menjadi 2nd National Winner MATIC & CUB ADVANCE yang dipersembahkan oleh modifikator Arif Nurdiansyah , serta 2nd National Winner Sportstock – Bolt on oleh garapan  Lie Leo. Mantap..

Terpisah, Marcomm & Development Division Head PT MPM, Suhari mengatakan senang sekali dan bangga, perwakilan dari MPM mendapatkan juara di beberapa kategori. Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi anak – anak muda di Jawa Timur untuk menghasilkan karya modifikasi.“Dengan banyaknya kategori yang dimenangkan modifikator Jawa Timur itu berarti kualitas juga semakin baik seiring dengan intensitas kontes modif yang konsisten di adakan MPM dan AHM dalam 10 tahun terakhir. Selamat kepada para juara modif dari Jatim, sehingga bisa menginspirasi modifikator yang lain utk tumbuh dan berkembang di kemudian hari “ tutup beliau.

Semoga even modifikasi yang memang digilai generasi muda ini akan terus berlanjut dan meningkat kualitasnya. Merupakan salah satu wadah penyaluran kreatifitas di jalan yang benar :mrgreen: Semoga berguna

 

 

Advertisements

5 comments on “Sundel Bolong si penggoda lelaki suka custom motor, pemenang Honda Modif Contest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s