Astra Honda Tehnical Skill Contest 2017, adu kemampuan mekanik Honda

Pagi masbro..

PT Astra Honda Motor (AHM) memang berkomitmen untuk terus mendukung dan menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknik sepeda motor, dalam upaya melayani masyarakat. Salah satunya, melalui Astra Honda Technical Skill Contest. Tahun 2017 ini, AHTSC kembali digulirkan, dengan dua sasaran, yaitu kompetisi untuk siswa SMK dan kompetisi untuk para teknisi dan servis advisor Honda. 

Dari 652 sekolah SMK yang bekerjasama dengan AHM, yaitu mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda, total ada 23.272  orang peserta. Dengan mengikuti seleksi awal di bulan Maret – Juni 2017 , akhirnya hanya tinggal 36 siswa terbaik yang terpilih dari seluruh Indonesia. 36 siswa ini yang maju di babak final yang dilaksanakan pada 1-2 Agustus 2017 di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta. Ujiannya sendiri, meliputi pengetahuan terkait teknologi sepeda motor Honda pada sesi ujian teori dan keterampilan para siswa terkait mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda dalam ujian praktek. Selain itu, para siswa SMK juga ditantang kemahirannya dalam menggunakan Honda special tools dan perawatan sepeda motor yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, serta penggantian parts.

Dan hasilnya, 3 siswa SMK terbaik dalam AHTSC 2017 mendapat apresiasi dari AHM yaitu beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra dan  uang tunai sebesar Rp 8.000.000,- untuk Juara I,  uang tunai sebesar Rp 5.000.000,- untuk juara II, dan uang tunai sebesar Rp 3.000.000,- untuk Juara III. AHM juga memberikan apresiasi uang tunai sebesar Rp 1.000.000,-  kepada seluruh siswa SMK yang berhasil lolos seleksi AHTSC 2017 hingga tingkat nasional.  Seluruh finalis siswa SMK ini juga berkesempatan mengikuti ujian saringan masuk Politeknik Manufaktur Astra secara gratis. Weh, ajib nih. Kalau jos tembus, bisa bergabung dengan AHM.

Selain untuk siswa SMK, kompetisi ini juga mempunyai babak khusus untuk mekanik dan service advisor di jaringan Honda. Nggak hanya main dealer, tapi juga dealer dibawahnya turut serta. AHTSC 2017 untuk para mekanik dan servis advisor Honda diadakan dalam 2 kategori peserta, yaitu kategori AHASS Non Main Dealer Service Center (Non MDSC) atau perorangan serta kategori AHASS Main Dealer Service Center (MDSC) atau kategori berkelompok, dimana untuk kategori AHASS MDSC diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Pada ketegori AHASS Non MDSC, tahap seleksi di tingkat regional dikuti 14.037 teknisi dan 1.581 servis advisor. Setelah melewati tahap rangkaian pertama, tersaring jumlah peserta yang terdiri dari 27 teknisi dan 27 servis advisor untuk bersaing pada tingkat nasional. Sedangkan pada kategori AHASS MDSC, tersaring sebanyak 54 peserta yang terdiri dari 27 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 1 orang teknisi dan 1 orang servis advisor.

Teknisi diuji dalam analisa sistem kelistrikan, rangka, mesin dan PGM-FI serta penggunaan Honda spesial tools. Sedangkan materi untuk servis advisor diperluas dengan uji pengetahuan produk dan teknologi sepeda motor Honda, serta dinilai dari sisi praktek melayani konsumen. Materi ujian ini diberikan untuk memastikan konsumen mendapat pelayanan terbaik dari servis advisor Honda yang menjadi konsultan teknis di AHASS. Weh…upaya terus meningkatkan layanan pada konsumen nih.

“Kami memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kualitas SMK binaan dan outputnya. Karena itu, dari hulu ke hilir kami berusaha menjaga proses peningkatan kualitas pendidikan vokasi ini agar dapat melahirkan tenaga terampil yang berkualitas dan berdaya saing,” ujar Muhibbuddin yang juga sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM. Demikian pula dengan komitmen AHM untuk terus meningkatkan layanan pada konsumen, dengan kompetisi ini, diharapkan kemampuan mekanik/teknisi dalam menangani berbagi masalah yang timbul pada sepeda motor, serta servis advisor yang mampu menjelaskan teknis permasalahan pada sepeda motor konsumen, sebagai konsultan teknis di bengkel AHASS.

Teknisi dan servis advisor terbaik di kategori AHASS Non MDSC dalam kompetisi AHTSC 2017 tingkat nasional berhak mendapatkan satu unit sepeda motor. Sedangkan pada kategori AHASS MDSC, peserta terbaik berhak membawa pulang uang tunai Rp 10.000.000,-. Teknisi dan servis advisor terbaik AHTSC 2017 berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Asia Oceania Technical Contest 2018. Mantap kan. Semoga , berbagai upaya PT AHM meningkatkan kemampuan teknisi, mekanik dan segala penunjangnya, akan bisa terus mengatrol kualitas layanan pada konsumen, pemilik sepeda motor Honda di tanah air. Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s