Sungai kecil ini ternyata..

Masih ingat posting banjir di Blimbing ini? Ternyata, meluapnya air hingga merendam separuh badan jalan A. Yani Blimbing, Malang ini, berasal dari sungai kecil ini

bjir3

Ya, sungai kecil di sisi barat jalan raya ini, sebenarnya, persis di sebelum jalan raya, sudah berbelok ke selatan, melalui saluran pembuangan yang cukup besar. Mengarah ke selatan, bergabung dengan beberapa saluran pembuangan lain, masuk ke saluran yang lebih besar. Nah, karena lebar sungai yang relatif sempit, juga dangkal karena timbunan material, akhirnya, air tidak tertampung lagi oleh sungai dan saluran pembuangan. Alhasil, meluber hingga ke jalan raya, dan sukses merendam dengan ketinggian hingga betis orang dewasa.

gambar : surya malang

gambar : surya malang

Beberapa waktu silam, Pemkot Malang beserta warga dan instansi lain, sudah mengadakan kerja bakti, pengerukan saluran ini. Juga, telah dilakukan pelebaran saluran ke arah selatan, dengan tujuan memperlancar aliran air dan menambah volume air yang mampu ditampung. Entah mengapa, begitu diguyur hujan deras beberapa jam saja, tetap  meluap. Apa karena sudah ada pendangkalan lagi, atau karena sampah? Semoga saja, instansi terkait tidak tutup mata dengan kejadian ini, mengingat sekarang ini, hanyalah awal musim hujan, yang sangat besar kemungkinan, akan terus meningkat , berkaitan dengan curah hujan hujan dan air limpahan sungai.

Advertisements

3 comments on “Sungai kecil ini ternyata..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s