Musim hujan, dingin, apakah cukup mendinginkan hati bikers?

Panjang ya judul-e?? Sampe lama mikir mo disingkat, yo gak ketemu. Ya wis-lah, tulis apa adanya.
Asli-nya ini tulisan agak lama, hanya baru ingat saja pas blank, gak nemu ide blas. Diawali pas riding pulang kantor, hujan deras. Meski jas hujan 2 pieces saia agak lawas, sehingga menyisakan rembesan air ke baju dan celana, tetep saia pakai, lha belum ada gantinya… πŸ™‚

Sudah bukan rahasia lagi, kalo banyak jalan di kota Malang yang menyimpan genangan air (a.k.a Banjir :mrgreen: ) . Biasanya, pas terpaksa melewati genangan air, saia kurangi laju kecepatan motor. Selain safety karena biasanya cengkeraman ban ke aspal sangat berkurang, juga toleransi pada pengguna jalan lain agar gak kecipratan banyak air. Meski sudah pelan, tetep aja namanya muncratan air, entah ke samping atau ke belakang gak bisa dihindari. Saat di salah satu jalan protokol, habis melintas genangan air, saia dipepet seorang biker juga. Sambil membuka kaca helm-nya, beliau ngomel ke saia :”Mas, mbok kalau lewat genangan air ati-ati, muncrat nih air dari sepatbor belakang-e sampeyan ke badan saia” Habis ngomong gitu, beliau ngegas motornya kenceng2 sambil ninggalin saia yang masih ‘terpesona’ dengan omelan itu.
Akhirnya, saia berhenti, minggir, cari tempat agak teduh. Masih nongkrong diatas jok, mesin nyala, saia mikir, salah apa ya saia dan motor saia?? Perasaan sudah ati-ati dan pelan pas melibas genangan air, kok yo masih ada yang ngomel. Padahal sepatbor juga masih lengkap terpasang, standar ting-ting. Kecepatan juga rendah, paling banter 40an kpj. Kalo logika saia sih, kan ya wajar to masbro, kalau hujan, basah kena air hujan plus kecipratan air dari motor/mobil depan kita. Kalo gak mau kecipratan dari kendaraan di depan, yo jaga jarak agak jauh. Lebih afdol lagi, pake R4 ato diem aja di rumah, aman wis, gak kebasahan. Saia sendiri juga kadang jengkel kalo kecipratan dari kendaraan lain di depan, tapi saia buang jauh-jauh rasa jengkel itu, karena kondisi memang hujan dan air dimana-mana, yo pasti-lah basah, termasuk kecipratan air dan lumpur dari kendaraan lain.
Rasa dongkol saia akhirnya perlahan hilang, berganti nelongso (opo iki terjemahan-e). Berarti saia masih diingatkan, kalo ternyata masih kurang bertoleransi dengan pengguna jalan lain…
Sebuah pelajaran lagi dari jalan raya…Buat mas yang ngomel ke saia, saia minta maaf ya mas, en maturnuwun sudah diingatkan..

gambar : kcdj.org

Advertisements

11 comments on “Musim hujan, dingin, apakah cukup mendinginkan hati bikers?

  1. lebih parah kalau sesaat habis hujan. sudah gak pakai jas hujan, jalan pelan pelan, eeh…. yang dari arah berlawanan ngebut. basaaah. yo wis lah, pengairan sing mbales.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s