Sampo mesin, cairan ajaib perontok kerak oli tanpa perlu bensin

Pagi masbro..

Rantai berikut gir pada sepeda motor tipe bebek dan sport, merupakan piranti vital karena berfungsi sebagai penggerak. Yaitu menyalurkan tenaga alias putaran mesin ke roda. Dengan fungsinya ini, memang wajib dilumasi secara rutin

Jamak bila pada motor, ada kerak sisa pelumas rantai yang menempel pada rantai, gir serta bagian lain seperti cover gir depan. Biasanya sih, yang umum digunakan untuk membersihkan, termasuk saia, adalah bensin. Cukup semprot atau kuaskan bensin beberapa kali, bakal meluruhkan kerak oli, pelumas dan kotoran. Namun, repotnya, masih perlu dibilas lagi dengan sabun. Selain menghilangkan sisa bensin juga baunya. Dobel kerja, wehehehehehe, kepingin rasanya ada yang praktis dan sekali pakai tanpa resiko merusak kondisi si logam kotor

Nah, sudah agak lama sebenarnya, saia dapat kesempatan nyobain produk pembersih custom. Lah, kok custom? Iya, karena nih produk nggak dijual bebas, dibuat terbatas. Racikan spesial dari mas Ari Suta, pemilik gerai perawatan dan restorasi kendaraan di Bandung, ACB_BDO. Kemasannya pun nggak pakai label, polosan

Singkat cerita, sampailah ini pembersih yang namanya sederhana, “sampo mesin”. Dah, gitu aja namanya :mrgreen: Kemasannya, sudah dilengkapi dengan penyemprot yang memudahkan penggunaan. Dan pas-lah, kondisi si bleki rantai dan sekitarnya kotor banget

Seperti biasa, pasang standar tengah. Nggak menyiapkan bensin/pertalite, tapi kali ini langsung pakai sampo mesin ACB. Fokus ke area yang kotor, yaitu rantai-gir serta daerah yang jarang dibuka, yaitu dibalik cover gir depan. Busyet, itu dalamnya, tebaaallll banget kerak oli dan kotoran.

Semprot cairan ke kotoran, dan langsung sikat dengan sikat gigi bekas, setelah sebelumnya bisa diratakan dengan kuas kecil. Gosok-gosok rada kuat, sambil bilas dengan air. Waaah

2x gosokan saja, sudah terlihat luruh tuh kerak dan kotoran bandel. Karena tanggung, saia ulangi prosesnya, dan hasilnya jos… kelihatan warna logam aslinya 😆

Ajib banget nih. Benar-benar mempercepat dan bikin ringan kerjaan nyuci motor. Cukup bilas pakai air saja., nggak perlu sabun dan nggak bau bensin yang menyengat. Dan hasilnya juga mantap, bersih, mengangkat kerak kotoran tanpa merusak logamnya

Kayaknya, jadi pilihan nomer 1 nih untuk urusan bersih-bersih kolong motor, kerak oli, kotoran pelumas dan kerak lain yang membandel, supaya motor tampil resik, bersih dan kinclong. Ya memang kudu telaten, karena perlu digosok pake kuas atau sikat gigi bekas, namun hasilnya sebanding. Dan yang jelas, efisien karena gak usah 2x kerja (bensin+sabun), bebas bau menyengat dan cukup dibilas air

Nih, buat yang penasaran videonya, boleh diintip disini

Semoga kepingin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s