Jajal sepatu buatan lokal, Sello Shoes Malang

Pagi masbro..

Melongok alas kaki (baca : sepatu) saia  yang saban hari dipake mulai resepsi 😆 , nguli sampe riding , terutama lapisan sol-nya, memang mulai menyentuh hati. Seiring bertambahnya umur dan beratnya beban, sol sepatu model mini boot ini, mulai aus.

Alhasil, mendekati penghujung musim kemarau ini, kudu sudah mulai berburu sepatu nih. Maklum, penyuka efisiensi, kalau bisa 1 sepatu ya mengakomodir semua keperluan, hehehehe. Model favorit saia, tetap, model mini boot yang nggak kelewat tinggi, sekitar  mata kaki. Karena ukuran kaki lumayan gede nih, kadang susah kalau beli jadi. Modelnya sreg dan cocok, eh, ukuran nggak ada. Kadang juga sebaliknya. Makanya, beberapa sepatu saia, pesan ke teman yang kebetulan buka usaha sepatu kulit. Nah, sekarang kelimpungan, mau pesan ke dia, eh, sudah tutup usahanya. Malah jadi pengusaha angkutan online, dan nggak lagi menerima pesanan sepatu.

Beberapa kali lewat daerah Jl Bogor Kota Malang, ada penampakan semacam toko sepatu. Punya nama ‘Selo Shoe’. melihat sekilas, kok banyak penampakan sepatu boot, dan ada papan keterangan perajin lokal binaan atau kios mitra dari salah satu BUMN gede tanah air. Coba mampir deh.

Ternyata, ini merupakan galeri sekaligus workshop pengerjaan sepatu kulit. Selain menyediakan sepatu jadi yang bisa langsung ditebus dan dibawa pulang, gerai ini juga melayani pemesanan sepatu custom. Mau model bagaimana, coraknya, maupun ukurannya, bisa request disini. Setelah melihat-lihat model, ada 1 model yang cocok di hati. Saia bawa ke  penjaga toko, dan sampaikan kalau ingin model seperti itu dengan model sol berbeda dan ukuran kaki saia yang rada jumbo. Segera dilayani , sang penjaga lalu mengambil selembar kertas putih. Sempat mikir, buat apa ya? Setelah minta ijin, ternyata dipakai untuk menggambar pola telapak kaki saia :mrgreen: Beneran custom nih. Beres ngukur kaki, lalu mencatat pesanan saia termasuk variasi penutup resliting yang saia minta dipasang. Usai, nominal yang kudu dibayar di angka IDR 350.000. Hmm..nggak kelewat mahal nih, untuk ukuran sepatu kulit yang dikerjakan handmade. Saia lalu memberikan uang muka sebagian, dan sisanya saat jadi, yaitu 2 minggu kedepan.

Lalu ngobrol sebentar dengan ibu penjaga ini, dan dapatlah informasi kalau gerai sepatu ini merupakan usaha lokal asli Malang. dengan kualitas garapan yang bagus, akhirnya dilirik oleh Pertamina untuk dijadikan UKM binaan. Di tempat ini , selain menyediakan sepatu jadi yang siap dibeli, juga menjadi semacam mini workshop, tempat pengerjaan sepatu kulit pesanan pelanggan.

Kalau workshopnya sendiri, saia lupa nanya, yang jelas ada juga selain disini. Tempat ini juga melayani perbaikan sepatu kulit yang rusak, semisal jahitan robek atau penggantian sol/alas. Biaya perbaikan juga relatif terjangkau kok. Penggantian sol secara keseluruhan, sepasang berikut ongkos kerja dan bahannya, hanya dikenakan IDR 125.000 saja. Asyik kan, daripada beli sepatu baru lagi?

skip–skip–skip. 2 minggu berlalu, dan akhirnya dikabari via wasap, kalau sepatu pesanan saia sudah jadi. Dan hasilnya? Nih..

Keren? Menurut saia sih, bejaban banget dengan hasilnya, Bahan kulitnya lentur, jahitan juga rapi. Dan yang jelas, plek banget dengan kaki saia, ya karena diukur sebelumnya. Yang jelas, puas saia sama hasil garapan UKM lokal satu ini. Rekomen banget, kalau yang pingin sepatu custom dan harga miring. Eh iya, kalau mau pesan sepatu bikers model racing, bisa dilayani lho. Mulai ukuran hingga model dan warna, terserah kemauan. Sempat saia jepret salah satu contoh sepatu kelir merah yang ada di etalase.

Gimana? Tertarik? Kalau yang dekat area Malang, merapat deh di seputaran Jl Bogor, Kota Malang. Persisnya, di gedung BB Univ Negeri Malang. Mau sepatu safety, boot, PDL, pantofel hingga sandal, siap dilayani.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s