Jangan sering libas polisi tidur membabi-buta, tulang belakang bisa cedera

Pagi masbro..

Polisi tidur, adalah benda yang lazim kita temui saat berkendara sehari-hari. Dengan gampang, sering dijumpai di jalan desa, yang paling sering sih di jalan-jalan perumahan.

Alasannya jelas, untuk “menghambat” pengendara agar tidak memacu kendaraan dengan kencang dengan tujuan keselamatan, baik si pengendara maupun warga sekitar dan pengguna jalan lain. Buat bikers, kadang karena keburu atau sebab lain, seringkali melibas poldur dengan kecepatan lumayan tinggi

Hal ini selain berbahaya karena keseimbangan motor terganggu dan rawan celaka karena oleng dan terjatuh, ternyata ada efek jangka panjangnya. Dapat info dari seorang rekan medis, yang cerita tentang cedera pada area tulang belakang gara-gara sering melibas polisi tidur serampangan.

Tulang belakang manusia, diantara masing-masing ruas, dilindungi oleh semacam bantalan. Selain ada ruas tulang belakang, bantalan dan banyak organ lain, juga ada jaringan saraf disitu. Jangan tanya apa saja namanya ya, saia gak paham karena bukan wong medis :mrgreen:

Nah, saat melibas poldur dalam kecepatan tinggi, pasti terjadi hentakan pada tubuh kita. Pertama melambung keats, alu selanjutnya mendarat dengan keras. Saat hentaka tersebut, secara otomatis akan terjadi penekanan pada bantalan tulang belakang sebagai penyesuaian diri.

Kalau jarang-jarang terjadi sih, nggak begitu masalah. Namun, bila sering, dikhawatirkan saraf di dekat jalur bantalan tulang belakang bisa terjepit ketika bantalan dan ruas tulang belakang bergerak tertekan. Efeknya, paling bisa dirasakan si pengendara adalah nyeri pada daerah pinggang dan kaki.

Bila dibiarkan dan bertambah parah, dapat menyebabkan kesulitan saat buang air kecil, buang air besar, dan yang fatal, bisa pula menyebabkan kesulitan ereksi pada lelaki dan berakibat pula kelumpuhan. Busettt, ngeri banget yak

Terus solusinya bagaimana? Buat yang belum bergejala macam nyeri di pinggang dan kaki, yuk, biasakan, bila melibas poldur, turunkan kecepatan alias pelan-pelan saja. Terburu-buru? Yah, itu bukan alasan masbro, kan bisa berangkat lebih awal

Melintasi gundukan polisi tidur secara perlahan, selain meringankan tekanan pada tulang belakang, juga bermanfaat terhindar dari kecelakaan karena jatuh. Tuh, sudah manfaat ganda kan?

Sedangkan yang sudah merasakan gejala macam nyeri pinggang hingga kesulitan BAK dan BAB, ada baiknya periksa ke dokter spesialis deh. Nanti, bisa ada tindakan medis baik terapi ataupun pengobatan untuk meredakan sakit.

Mari berkendara secara nyaman, dan #cariaman. Sepele memang, hanya lubang-jeglongan atau polisi tidur. Namun, bila cara kita melintasi tepat, akan menghindarkan kita dari kejadian fatal.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s