UNITED E-MOTOR T-1800 hadir di Jawa Timur, motor listrik resmi mulai mengaspal

Pagi masbro..

Kendaraan bermotor, telah mengalami banyak kemajuan dalam hal sumber bahan bakar. Bila sepeda motor konvensional mengandalkan bahan bakar berbasis fosil, yaitu olahan minyak bumi, beberapa tahun kebelakang, sudah mulai bergeser kepada penggunaan bahan lain, yang diklaim ramah lingkungan dan hemat dalam penggunaan, yaitu listrik.

Sepeda motor listrik, mempunyai struktur mesin yang jauh lebih ringkas ketimbang sepeda motor konvensional. Yups, karena mesin hanya berupa motor listrik, yang tidak membutuhkan banyak perangkat seperti ruang bakar, pemasok bahan bakar dan lain-lain. Salah satu produsen motor listrik yang telah memproduksi sepeda motor listrik yang legal dikendarai di jalan raya secara resmi adalah United Bike, dengan produknya United E-Motor T-1800.

Nggak asing dengan nama United? Yes, ini adalah produsen sepeda terkemuka di tanah air, yang juga merambah dunia otomotif. Di Jawa Timur, melalui PT Integral Motor Indonesia yang merupakan distributor tunggal Regional Jawa Timur, pada Sabtu 28/05/2021, memperkenalkan United T-1800 untuk masyarakat.

Mulai saat ini UNITED T-1800 dapat dinikmati oleh masyarakat Jawa Timur yang menginginkan sensasi berkendara yang berbeda dengan kendaraan motor pada umumnya. Konsep stylish pada sepeda motor UNITED T-1800 menyuguhkan tampilan eksterior yang keren serta memberikan kepercayaan diri bagi pengendara dalam melakukan mobilitas yang tinggi bagi para milenial dimana konsep Urban Lifestyle yang menjadi target utama UNITED E-MOTOR.
Sementara konsep futuristik ditampilkan dari kehadiran fitur-fitur baru masa depan yang dapat dirasakan langsung oleh para pengguna motor listrik UNITED E-MOTOR ini. Motor listrik ini juga mengusung konsep Eco, yaitu Eco-Lifestyle yang mendasari perilaku Eco-friendly dan Eco-green sehingga dapat menciptakan gaya hidup baru yang ramah lingkungan dengan mengurangi kontribusi gas CO2 yang berbahaya dalam mobilitas sehari-hari.


UNITED T-1800 memiliki tenaga tangguh berkat motor penggerak berkualitas tinggi dari brand ternama BOSCH 60V1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W. Kapasitas baterai Lithium yang digunakan adalah 60V28 Ah yang dalam kondisi penuh 100% dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km/jam dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50-60 km/jam pada mode kecepatan normal. Motor Listrik UNITED ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dalam hal biaya operasional dan perawatan.

UNITED T-1800 dilengkapi fitur-fitur futuristik dan mudah dalam penggunaannya antara lain :
1. Panel Display Full Digital : Penampilan sporty dan lebih informatif
2. Lampu LED : Design futuristik, lebih terang, lebih awet dan minim perawatan
3. Tombol Start/Stop Engine : Pengoperasian kendaraan satu tombol tanpa anak kunci (keyless)
4. Speaker : Dengan koneksi bluetooth untuk audio, radio dan mode suara pada kendaraan
5. USB Port : Untuk charger ponsel atau sebagai device USB data audio
6. Speed Mode : 3 mode kecepatan dengan tombol one click overtaking sebagai mode sport untuk mempermudah saat menyalip/menyusul.
7. Mode Mundur : mempermudah pengendara saat memundurkan kendaraan
8. Alarm : Sebagai fitur keamanan anti maling
9. Sakelar Panel : Sebagai sakelar daya utama fitur keamanan kendaraan pada posisi parkir/berhenti
10. Suspensi : Dual Shock lebih stabil saat menikung dan kecepatan tinggi
11. Motor BOSCH : Dengan daya 1.800 Watt memiliki putaran dan efisiensi tinggi dengan output daya yang sempurna
12. Ban Depan & Belakang : Tubeless dengan diameter 12 inci
13. Rem cakram : di depan dan belakang yang menjadikan pengereman lebih pakem dan aman saat berkendara
14. Cut Off energi motor : Terdapat pada kick stand dan rem tangan kiri atau kanan jika ditekan sehingga lebih aman saat parkir ataupun berhenti.
15. Model swing arm yang kokoh layaknya swing arm motor besar (MOGE)

Beda utama motor listrik dengan motor konvensional salah duanya adalah suara yang nyaris tak terdengar serta biaya konsumsi bahan bakar yang sangat hemat. Gimana nggak, wong cukup dicharge tanpa beli BBM je….Bila dihitung, biaya operasional pemakaian daya listrik yang dibutuhkan hanya sekitar IDR 2.425,- (asumsi Rp. 1.444 / Kwh) untuk satu kali pengisian listrik dengan waktu minimal 2 jam 15menit, yang menghasilkan jarak tempuh hingga 60 km dengan mode kecepatan normal.
Benefit lebihnya juga masih ada nih dibanding motor konvensional. Antara lain :
1. Hemat biaya operasional hingga 80% jika dibandingkan dengan BBM. ( 2 Liter Pertalite : 70Km = IDR 15.300,-)
2. Relatif hemat biaya perawatan.
3. Hemat biaya sparepart (Tidak ada oli, tidak ada busi, tidak ada filter udara, tidak ada fanbelt, roller, dan part lainya).
4. Dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Insentif BBNKB 90% dan Bebas Pajak Kendaraan Bermotor.

Ngomong-ngomong, berapa nih harga jualnya? On the road (OTR) Jawa TImur, United T-1800 dijual di angka IDR 29.5 juta, dengan pilihan warna hitam doff. Sistem pembelian juga sama saja dengan motor konvensional, mau tunai bisa, mau sistem kredit juga dilayani. Yang asyik, nih motor sudah legal alias resmi dipakai di jalan raya, karena surat menyurat sudah sah, seperti STNK-BPKB sudah lengkap. Tak perlu was-was, dan jangan lupa tetap kenakan perangkat aman berkendara seperti biasa ya, helm-jaket-celana panjang.

Yuk, yang ingin colong start dan gunakan motor listrik sebagai agen perubahan, bisa sambangi divisi penjualan PT Integral Motor Indonesia di Surabaya – Sidoarjo & Gresik dengan temporary outlet yang sedang di persiapkan di Ruko Gateway Blok A No 01 – 02 Waru Sidoarjo. Dan Q4 2021 akan dikembangkan premium Outlet di Graha Airi Jl Kedungdoro 101 – 102 Surabaya. Sedangkan kota-kota besar lainya di Jawa Timur seperti Gresik, Malang, Madiun,
Kediri, Madiun & Jember akan segera menyusul

Semoga berguna

One comment on “UNITED E-MOTOR T-1800 hadir di Jawa Timur, motor listrik resmi mulai mengaspal

  1. Pingback: UNITED E-MOTOR T-1800 hadir di Jawa Timur, motor listrik resmi mulai mengaspal | Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s