Apa saja fitur Honda CBR600RR MY 2021 ? Yuk bedah satu-satu

Pagi masbro..

Honda CBR600RR MY 2021 dengan kelir tricolor memang sudah dikenalkan Astra Honda Motor sekitar seminggu lalu. Motor sporty yang banderolnya di angka setengah milyar rupiah ini, memang sporty-nya nggak kaleng-kaleng.

Sporty beneran, serta aerodinamis. Mukanya bengis dan agresif, yang meruncing sehingga meminimalkan menabrak hambatan angin, istilahnya area frontalnya sangat minim. Laiknya kuda pacu di sirkuit, winglet pun diaplikasi pada nih motor untuk menambah aerodinamikanya, termasuk dengan adanya lubang udara pada moncong fairing depan, yaitu diantara sepasang mata bola, eh, lampu depan. Lubang udara ini bukan sekedar pemanis, namun tersambung dengan air intake yang memasok udara ke mesin. Tahu sendiri, mesin kalau nggak ada pasokan udara, nggak bakal hidup kan??

Tangki gambot, namun dibuat lebih rendah sehingga pengendara punya area luas buat menunduk. Ini motor sport masbro..so, jelas racy posisi berkendaranya. Selain lebih luas untuk berposisi menunduk, area pandang ke depan juga lebih maksimal, sehingga lebih leluasa dan aman.

Di belakang, kesan ramping didapat berkat desain knalpot ringkas dengan lubang knalpot yang terletak di tengah untuk yang menjadi ciri khas CBR600RR.

Mesin baru DOHC 599cc 4-silinder sebagai pembangkit daya punya tenaga maksimal 89 kW (121 PS)/14.000 rpm, dengan torsi 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm. Ubahan dalam mesin antara lain desain camshaft dan crankshaft, bentukan inlet port, penambahan ukuran diameter throttle bore hingga penyesuaian ukuran pipa knalpot adalah kunci pendongkrak tenaga,

Lampu depan berbasis LED, dengan dipadu dasbor kekinian berlayar TFT full digital, menyajikan beragam data dihadapan pengendara, yang secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi cuaca sekitar. Asyik nih, pas gelap otomatis cerah dan sebaliknya, sehingga mudah terpantau pengendara.

Fitur lain tertanam, jelas adalah assist/ slipper clutch pada area kopling, dan throttle by wire, sepenuhnya dikontrol sistem elektronik. CBR600RR juga sudah dipasangkan sensor Inertial MeasurEment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi kemiringan nih motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), yang menjaga ban belakang agar tidak selip ketika berakselerasi dan menikung sembari membuka gas. Canggih dan aman.

Masih ada lagi, yaitu pilihan tiga mode berkendara yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter nih, yaitu hingga 5 level. Sementara opsi serupa juga bisa dilakukan pada mode HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level). Busyettt…..komplit pake bangetss.

Pemasangan lampu hazzard otomatis yaitu Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR juga terpasang, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan mendadak pada kecepatan tertentu. Canggih dan aman kan?

Sedangkan piranti rem naik kelas dari generasi sebelumnya. Rem depan diisi cakram ganda kanan-kiri yang berdiameter 310mm plus Antilock-Braking System (ABS), yang dihentikan kaliper berisi 4 piston. Sedangkan rem belakang juga terpasang rem cakram punya diameter 220 mm dengan kaliper piston tunggal, plus ABS juga.

Untuk maksimalnya pengendalian alias handling, di setang CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Lanjut, lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid dan dikombinasi suspensi depan berngaran Showa dengan model upside down alias Inverted Telescopic sedangkan  suspensi belakang monosok bermerk sama, yaitu Showa dengan Pro-Link yang dilengkapi Gas-Chamber yang dapat disetel.

Tuh, bejibun kan fitur yang diusung nih CBR600RR? Yuk, sambangi dealer Honda Wing terdekat

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s