Museum terbakar, ratusan motor langka musnah

Pagi masbro..

Beberapa waktu lalu, persisnya Senin 18 Januari 2021, sebuah kebakaran hebat meluluhlantakkan sebuah museum sepeda motor. Duh, ratusan koleksi motor antik, langka, dan apik, musnah dilalap si jago merah.

Museum ini, bernama Top Mountain Crosspoint. Sesuai namanya, lokasi persis ini museum memang rada nyentrik. Nggak di pusat kota atau dekat keramaian, namun justru di lereng sebuah gunung berapi yang informasinya masih aktif. Yaitu di Passo del Rombo Austria, dan juga merupakan museum dengan lokasi tertinggi di Eropa, yaitu punya ketinggian  2.175 diatas permukaan laut.

Dengan memiliki koleksi unik di seluruh Eropa dan Austria, yang kabarnya mencapai angka 230 sepeda motor klasik, nggak heran banyak penikmat otomotif yang prihatin. Merk yang dikoleksi antara lain Brough Superior, Vincent, Matchless, Sunbeam, Sundapp, dengan total sekitar 100 merek. Eh, nggak hanya sepeda motor saja sih, ada juga mobil vintage macam Porsche dan Ferrari.

Didirikan oleh  saudara kembar Alban dan Attila Scheiber pada tahun 2016 lalu, museum ini merupakan sarana untuk memamerkan koleksi motor klasik mereka. Maklum, keluarga penyuka otomotif terutama motor, dan akhirnya berujung pada kolektor.

Api yang belum diketahui asalnya, membakar bangunan museum pada pagi hari. Makin tak terkendali, karena material bangunan museum yang sebagian besar terbuat dari kayu yang bisa ditebak, makanan empuk bagi api.

Kok dari kayu sih, bangunan sebesar itu? Usut punya usut, bangunan berbahan kayu memang sangat cocok di lokasi itu. Lanskap pegunungan dan bangunan kayu memang berjodoh alias cocok.

Sementara petugas pemadam kebakaran telah melakukan yang terbaik, masih belum banyak sepeda motor klasik dari museum yang dapat diselamatkan. Belum ada informasi resmi tentang kerusakan yang diderita oleh museum. Namun, melihat gambar dan video itu, yang beredar, tampaknya banyak kerugian yang harus ditanggung museum karena kebakaran. Apalagi koleksi yang tentunya nggak lagi diproduksi, yang jelas merupakan kehilangan besar bagi sejarah dunia otomotif

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s