Kelengkapan Honda bebek era 90an, keren dan aman pada masanya

Pagi masbro..

Generasi 80an dan 90an, kalau kenal motor ya tahunya motor bebek dan motor laki. Iya sih, jaman itu belum masanya hadir skuter matik alias matik. Motor bebek, masa itu adalah boomingnya bebek Honda dengan mesin 4-taknya, mulai menggerus dominasi mesin 2 tak dengan khasnya, suara renyah dan knalpot ngebul

Honda Astrea , adalah salah satu bebek favorit era 90an itu. Mesin penyempurnaan dari seri C alias cub, C800 yang naik kubikasi jadi 100 alias C100. Motor bebek bermesin halus ini, memang jadi primadona. Keren dan modis. Nah, apalagi buat yang tebus baru dari dealer, widih, bangganya setengah hidup, hehehehe. Apalagi, komplit dengan berbagai bonus dari dealer, yang berfungsi untuk keamanan dan keselamatan. Apa saja, yang diberikan pada pembeli Honda bebek era 80-90an?

  • Helm

Piranti keselamatan ini, merupakan barang wajib yang kudu diperoleh konsumen. era itu, belum ada desain helm yang “ajaib” banyaknya macam haman sekarang. Helm Honda khas, dengan bahan tebal macam ABS dengan beragam campuran yang saia nggak paham. Desainnya, masih mengacu ke helm cetok alias helm cibuk yang menutupi separuh bagian atas kepala, namun, sudah disempurnakan dengan bentuk “bodi” tambahan yang menutupi bagian belakang bawah kepala dan area telinga. Termasuk dengan pengikat model klik berbahan plastik dan kombinasi cantelan logam untuk dikaitkan pada cantolan helm di motor

Sekarang, lagi banyak dicari nih, buat yang demen ala-ala retro

  • Jaket

Jaket, juga perkakas wajib untuk konsumen. Masa itu, bahannya didominasi parasut. Maklum, bahan lain yang jamak hanyalah bahan kulit yang terbilang mahal. Alhasil, paduan parasut rada tebal jadi pilihan. Warnanya, dominan khas Honda banget, yaitu RWB alias paduan merah – putih dan biru. Dulu, pakai jaket ini, gagah, berasa anak motor beneran 😆

Bahan ringan jaket ini, memang nyaman, nggak berat. Tapi ya itu, kalau dipakai motoran kencang, ya jadi berkibar-kibar dan menggembung di belakang. Lumayan sih, menghalau angin dan tetesan air, tapi kalau hujan ya jelas kudu berteduh dan memakai mantel

  • Kunci garpu

Kunci pengaman motor ini, juga biasanya masuk dalam paket “bonus” untuk konsumen. Berbentuk mirip huruf U, dengan bahan logam keras yang dilapis krom dan penutup karet supaya nggak bikin baret.

 

Pemasangan dan penggunaan sangat mudah, cukup pasang penahan di tabung sokbreker depan . Bila dipakai, selipkan si kunci roda secara horisontal diantara jeruji roda dari sisi tabung sokbreker kiri bila penahan/pengunci ada di sisi kanan. Tinggal kunci deh… Lalu, saat tidak dipakai atau dilepas, pasang kunci roda ini secara vertikal di penahannya. Gampang kan??

  • Toolkit

Perkakas mini ini, isinya kalau diingat-ingat, nyaris nggak berubah sejak jaman itu hingga sekarang. Didalam plastik keras warna hitam atau biru ini, isi standarnya adalah kunci busi dengan ukuran sesuai tipe motor, obeng bolak-balik, kunci pas ukuran 10 dan 12 dan tang kecil. Wis, itu saja

Kadang, kalau mau lengkap, sering ditambah sendiri oleh pemilik, seperti kunci ring atau perkakas lain macam busi cadangan pasti dibutuhkan

  • Kunci standar tengah

Ini, biasanya oleh penjual, sering nggak diberi. Maklum sih, karena bentuknya ya gembok biasa. Fungsinya, mengunci standar tengah saat terbuka, sehingga motor nggak bakal bisa dilipat standar tengahnya dan dipindah. Karena gembok biasa, alhasil mudah banget dibeli di luaran. Bai de wei, kunci standar tengah ini memang efektif dan aman mencegah pencurian saat motor diparkir dengan standar tengah.

Lha gimana mau mindahin motor, wong standar tengah nggak bisa dilipat 😆 terganjal gemboknya

Itu tadi, beberapa piranti keselamatan dan keamanan, yang diberikan pabrikan pada konsumen yang beli motor produksinya. Pernah pakai yang mana? Atau semuanya? Hmm..kayaknya kita seumuran deh, hehehehehe

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s