Indikator ABS Honda ADV 150 menyala, bisa jadi ini sebabnya

Pagi masbro

Sistem ABS (antilock braking system) pada motor-motor kekinian, dipasangkan pabrikan untuk menambah keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Sistem ini, mencegah rem terkunci saat dipakai, terutama saat terjadi panic braking alias pengereman mendadak.

Saat mengerem mendadak, biasanya, reflek kita sebagai pengendara, disadari atau tidak, pasti menekan rem dengan keras. Pada motor yang remnya belum terpasang ABS, seringkali terjadi rem mengunci, alias berhenti mendadak. Akibatnya macam-macam, tergantung kondisi jalan dan refleks pengendara. Yang fatal, motor bisa kehilangan daya cengkeram ke aspal dan berujung jatuh.

Sistem ABS, terpasang berikut lampu panel indikator di dasbor. Biasanya, berupa lampu kuning/oranye dengan logo huruf ABS termausk di motor Honda ADV 150. Lampu indikator ini, menyala saat kunci kontak ON dan selanjutnya padam. Namun, bila terjadi, nih lampu ABS menyala terus atau malah berkedip-kedip genit, bisa dipastikan ada sesuatu terjadi di sistem ABS-nya.

Salah satu penyebabnya, sensor ABS nggak bisa membaca putaran roda. Gara-garanya, bisa karena 2 hal yang sepele ini.

  • Piringan /rotor ABS cakram kotor

  • Lupa melepas gembok cakram

 

Sebab yang pertama, perawatan. Kadang, kala membersihkan motor atau mencuci, bagian cakram dan rotor  (bagian piringan yang berlubang-lubang) luput dari perhatian. Endapan lumpur, atau kotoran yang menumpuk, ikut berputar dan terbaca sensor sebagai kesalahan. Alhasil, menyala atau berkediplah itu lampu ABS di spidometer. Solusinya? Cukup dicek dan dibersihkan secara menyeluruh. Yaitu mulai rotor ABS, hingga sela-selanya yang biasa terpantau sensor (bagian berkabel)

Sebab kedua, lagi-lagi keteledoran pemilik. Lupa melepas gembok cakram, sehingga itu pengunci ikutan berputar dan bisa jadi menghantam rotor ABS. Alhasil, rotor ABS bisa bengkok dan mengacaukan bacaan sensornya dan memicu menyala si lampu ABS

 Nah, terbilang sepele kan penyebab nyala atau berkedipnya si lampu ABS ini? Sebagai pemilik dan pengendara, kita cukup sedikit peduli dan meluangkan waktu untuk periksa kondisi tunggangan kok. Tapi, bila 2 penyebab hal ini ternyata tidak ditemukan, sepertinya perlu ke bengkel resmi Honda nih, alias AHASS untuk mengecek sistem elektronik ABS. Serahkan pada ahlinya, hehehehe

Semoga berguna

 

2 comments on “Indikator ABS Honda ADV 150 menyala, bisa jadi ini sebabnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s