Beda Kawasaki KLX230, KLX230 SE dan KLX230 R

Pagi masbro..

Varian motor trail lansiran Kawasaki, memang jadi ujung tombak Kawasaki Indonesia. Regenerasi KLX series, terus dilakukan dan yang terbaru mengaspal adalah KLX230.

Mengusung mesin baru yang lebih gede, dengan tujuan memuaskan hasrat pengendara yang ingin babat alas, eh, trabas dengan motor yang lebih bertenaga. Kawasaki KLX230, hadir dalam 3 varian. Yaitu KLX230 Standar, KLX230 Special Edition alias versi SE, dan terakhir KLX230 R.

Apa saja sih bedanya? Yuk, dikupas sedikit masing-masing ya… KLX230 Std, sebagaimana namanya, merupakan varian asli, eh, standar tanpa ada ubahan apapun, baik eksterior tampilan maupun part pendukungnya. KLX230 Std, punya 2 pilihan warna yaitu hijau limegreen dan hitam ebony. Harganya, IDR 42,5 jutaan

KLX230 SE. Ini merupakan varian yang sudah dilengkapi aksesoris. Punya dua pilihan warna yaitu merah firecracker red dan biru oriental blue. Perangkat yang menempel pada KLX230 SE antara lain pelindung tangan alias handguard, pelindung sasis,  pelindung mesin skid plate dan velg almunium berwarna hitam pada roda depan dan belakang. Harganya, ada diangka IDR 44,9 jutaan

KLX230 R. Ini merupakan spek tertinggi KLX230. Karena, sejatinya KLX230 R diposisikan sebagai motor kompetisi tulen. Punya dimensi lebih ketimbang KLX230 Std dan SE, karena lebih panjang 60 mm, sedikit lebih lebar 5 mm dan juga lebih tinggi 10 mm. Masih ditambah pula dengan ketinggian motor dari tanah alias ground clearance  yang lebih tinggi 35mm dibanding varian lain.

Tangki KLX230R, juga beda karena lebih kecil. Kapasitas BBM yang mampu diisikan hanya 6,6 liter, sementara tangki KLX230 biasa/reguler bisa sampai 7,5 liter. Ya lebih karena peruntukan KLX230R yang spesial berkompetisi, sementara KLX230 reguler merupakan motor dual purpose yang notabene lebih sering digunakan.

Sebagai motor kompetisi, bobot memegang faktor penting. Makanya, KLX230R juga punya bobot lebih ringan, yaitu hanya 115 kh. Bandingkan dengan KLX230 biasa yang mencapai 133 kg. Masih ditambah dengan beda suspensi nih. Suspensi depan KLX 230 R lebih panjang 30mm, sementara monosok belakang juga lebih panjang yaitu 28mm. Terakhir,  silincer knalpot KLX230 R juga lebih pendek dan untuk tenaganya naik 1 ps (hampir 1 hp). Nah, ternyata banyak kan bedanya? Makanya, dengan spek kompetisi, Kawasaki KLX230 R yang hanya punya 1 warna yaitu hijau khas Kawasaki ini, dilego lebih mahal, yaitu IDR 48,9 juta.

Eh iya, lupa, harga yang nyaris 49 juta ini, off the road lho ya, karena memang KLX230 R ini punya spek kompetisi, sehingga nggak dilengkapi surat laiknya motor jalan raya. Tuh, intip saja, ngak ada dudukan nopol, bahkan lampu-lampu depan-belakang hingga lampu sein juga tidak ada. Makanya, dipakai trabas atau ngetrack saja, nggak buat harian apalagi wira-wiri di jalan raya.

Sudah paham kan, bedanya Kawasaki KLX230, KLX230 SE dan KLX230 R??

Semoga berguna

 

 

Advertisements

2 comments on “Beda Kawasaki KLX230, KLX230 SE dan KLX230 R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s