Kerajinan kayu? Bagus dan bermanfaat

Sore masbro..
Kadang, saat libur kerja atau saat ada waktu luang, apa nih yang dikerjakan? Selain ngoprek motor tentunya. Ada yang suka bikin kerajinan tangan nggak? Macam bikin barang barang dari kayu atau limbahnya menjadi beberapa bentuk benda atau barang yang selain nyeni alias artistik, juga berguna maksimal. Contoh nih, ada sisa kayu palet, bisa tuh dibuat pajangan dinding sekaligus berfungsi sebagai rak. Kira kira kayak gini nih bentuknya

Bagus kan? Padahal asalnya ya dari barang sisa berupa papan papan kayu saja. Dengan ketelatenan serta kreatifitas, bisa menjadi penghias ruangan sekaligus berfungsi sebagai rak buku atau benda lain. Prosesnya sederhana saja sih. Yang penting ada bahan utama papan kayu. Tinggal potong potong dan tentunya diukur dengan menyesuaikan lokasi bakal dipasangnya nih barang. Misalnya rak buku dinding bentuk kotak kotak tadi. Potong sesuai ukuran tiap sisi, lalu rekatkan dengan lem kayu. Untuk memperkuat sambungan , antar bagian dipasak dengan paku.

Sepintas mudah ya? Padahal, kalau jajal sendiri, kudu telaten pas prosesnya. Nah, kalau gak mau ribet, memang gampangnya ya beli jadi saja nih rak buku kayu :mrgreen: Banyak banget penyedia barang semacam ini. Macam kerajinan tangan dan olahan barang tradisional. Mau beli langsung alias offline atau yang pingin pintas, ya beli online. Salah satu penyedia yang rekomen adalah qlapa.com. Ditilik dari nama saja sudah kelihatan uniknya. Brand asli lokal tanah air ini menyediakan beragam barang kerajinan dari produsen-produsen lokal, termasuk rak kayu yang saia tulis ini. Mereka merangkul para perajin yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, untuk dapat lebih bersaing dengan beragam produk sejenis dari luar negeri.  Qlapa adalah situs penghubung pengrajin di daerah dan pembeli. Jadi, barang kerajinan bisa dipasarkan tanpa batasan ruang dan waktu.

Situs ini didirikan oleh Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius tahun 2014. Kini, Qlapa telah membantu ratusan pengrajin untuk memasarkan produknya. Selain bisa menjual kerajinan jadi, mereka juga bisa menerima pesanan custom dari pembeli.

Keuntungan buat pembeli juga banyak. Mereka mendapat variasi barang banyak dengan harga terjangkau. Harga lebih terjangkau karena di sini gak ada reseller. Hanya pengrajin langsung yang berjualan, sehingga rantai pemasarannya bisa dipangkas, jauh lebih pendek.

Era sekarang ini, memang gempuran produk dari luar negeri luar biasa. Membanjiri pasar  tanah air dengan beragam jenis produk dan harga yang menggoda. Makanya, membuat perajin lokal rada gelagapan juga.   Mereka kudu lebih kuat pada kreatifitas dan kualitas produknya, termasuk juga harga yang kudu bisa bersaing supaya dipilih oleh konsumen. Dengan banyaknya media bisnis online ini, termasuk qlapa ini, diharapkan mampu lebih meningkatkan nilai jual produk kerajinan lokal. Yuk, kita dukung produksi tanah air, dan semoga bisa bersaing dengan mantap melawan produk asing.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s