Rumah warna-warni di bantaran sungai Brantas, Malang

Pemandangan segar dan cerah, tersaji di pemukiman warga bantaran sungai Brantas, Malang. Kawasan yang tergolong padat, dan bagi sebagian kalangan, sempat dicap kumuh, kini berubah tampilan. Terutama, di sisi selatan sungai Brantas, tepatnya di wilayah RW 02 Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing ini. Coba saja masbro bandingkan dengan sisi sebelah utara. Nampak kan??

bantaran1

Awalnya, ini merupakan uneg-uneg warga bantaran sungai, yang selama ini, merasa gerah dengan idiom alias penilaian negatif masyarakat, yang selalu mencap, perkampungan di DAS Brantas ini merupakan daerah kumuh. Padat penduduk, rumah berhimpitan,kotor,bangunan seadanyam tidak terawat, kumuh dan berbagai cap negatif lainnya. Adakah satu cara jitu, untuk menepis hal ini? Yang secara pandangan mata saja, sudah bisa merubah pemikiran negatif orang yang melihat?

bantaran2Akhirnya, gayung bersambut. Ide dengan pengecatan rumah di wilayah bantaran sungai, dinilai merupakan sarana ampuh. Dengan pilihan warna cerah dan bersih, pasti akan jadi pusat perhatian. Terciptalah sebuah progra “Jodipan Warna-warni”. Program ini mendapat dukungan salah satu perusahaan warna, eeh, cat terkemuka. Tidak perlu lah saia sebut merk-nya, hehehehe. Dengan target awal 90 rumah, yang akan disulap tampilan eksteriornya. Yaitu mulai dinding hingga atap. Warna? Tersedia warna-warna cerah yang bisa dipilih warga.

bantaran3Wow, mesti bayar dong? Nggak masbro, seluruhnya gratis, didukung penuh oleh sang perusahaan cat. Mulai dari bahan alias cat-nya, hingga tenaga kerja. Warga tinggal mendukung saja, duduk manis, menunggu selesai. Mantap bukan? Warna mulai hijau, biru, kuning hingga pink, akhirnya mewarnai wilayah RW 02 ini. Rukun Warga, yang terdiri dari tiga RT, yakni 06,07, dan 08, yang dihuni kurang lebih 105 kepala keluarga (KK).

Lebaran, yang identik dengan serba baru, akhirnya juga bisa dinikmati warga Jodipan ini. Cat rumah gratis, rumah bersih dan indah, tanpa keluar biaya. Istilah kampung pinggir kali yang kumuh, juga perlahan hilang. Saia sendiri, juga menilai begitu saat menyaksikan langsung pemandangan ini dari atas Jembatan Brantas, kota Malang. Bagaimana penilaian masbro?

Semoga berguna

Advertisements

6 comments on “Rumah warna-warni di bantaran sungai Brantas, Malang

  1. Ini kan proyeknya anak UMM jurusan Ilmo komunikasi yg ngerjakan tugas akhir praktikum.
    Ketua pelaksana nabila. Knp gk sbut merk sponsor? Kok gayung? Bukannya nabila n rekan temannya 7 orang. Wah blog ini kayaknya ngaku2 deh…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s