Pajak 5 tahunan si Meggy..ganti STNK, ganti nopol tapi nomor tetep (part1)

Gak terasa 5 taun sudah si Meggy menemani saia. Mulai kerja, nganter istri belanja, jalan-jalan sama si thole sampe ngeluthus sendiri. Tiba saatnya ganti STNK en nopol.

Mumpung sempat (waktu luang, duit juga ada :mrgreen: ), sengaja agak pagian saia cabut ke Samsat Malang Utara di Jln Raya Karangploso. Emang belum buka sih, lha nyampe sana masih jam 8 pagi kurang beberapa menit.
Masuk parkiran, mau saia parkir awalnya. Eh, si jukir rupanya “menthelengi”/memperhatikan nopol saia. “Perpanjang 5 tahunan yo mas? Langsung ke loket cek fisik ae parkir-e…” Saia agak bingung, tapi nurutin aja. Saia pikir kok pake cek fisik segala ya?? Maklum, gak ngerti…dipikir yo sama kayak pajak tahunan itu. Bawa STNK, BPKB, KTP plus map, udah, tinggal bayar pajak.
Habis taruh motor di depan loket cek fisik, berhimpitan dengan banyak motor yang juga mau cek fisik, saia ngacir ke tempat fotokopian, mo beli map. Pas liat banner alias spanduk prosedur perpanjangan, balik nama dsb..baru ngeh kalo perpanjangan STNK 5 tahunan juga harus cek fisik. Waduh…
Jadi, dokumen yang harus disiapkan :
1. STNK asli, plus fotokopi 3 lembar
2. BPKB asli, plus fotokopi 3 lembar
3. KTP asli, plus fotokopi 3 lembar
plus map biru yang nantinya ditulisi identitas kendaraan kita seharga seribu rupiah

Begitu sudah lengkap di dalam map biru, saia balik lagi ke loket pendaftaran cek fisik. Nanya-nanya bapak di sebelah, katanya tumpuk aja disitu, ntar dipanggil kok.
Sekitar 10 menitan, loket cek fisik buka. Karena kalah ngantri, selang sekitar 8 berkas, baru nama saia dipanggil.
“Mas Andy…ini berkasnya, plus form buat cek fisik/gesek nomor rangka en nosin, biayanya IDR 26.000” kata si mas di loket. Cieeeng…mulai nih acara bayar-membayar dimulai.
Dapet form isian, langsung saia lengkapi sesuai data di STNK. Habis itu, saia mendekat ke petugas cek fisik. Waktu itu ada 2 orang plus seorang jukir yang ‘dikaryakan’ buat bantu-bantu.
“Mas, ini form sudah diisi, trus lapo (ngapain)??” tanya saia
“Oke, sampeyan geser kesini motornya, tak-gesek-e no-ka sama no-sin” kata si petugas
Motor saia tuntun maju, si petugas ngambil 2 lembar stiker dari form tadi. Emang dapat form rangka dua, jadi no-ka digesek 2x, no-sin juga 2x. Wih, untung jelek-jelek gini si Meggy gak ileran tuh oli-nya..terawat getoo :mrgreen: , kalo nggak bisa kayak bapak di sebelah, disuruh ngebersihin dulu no-sin bebeknya yang belepotan oli plus lumpur…hadeeehh…

Beres jungkir motor buat gesek nosin, saia diarahkan ke Satpas bagian BPKB di Jl. Raya Singosari. Waduh…lha kok balik kucing nih??? Sekitar 4-5 kiloan ke arah rumah saia 🙂
Ya wis-lah…sambil agak bergegas, soalnya takut kesiangan en dimarahi bos soalnya ijin terlambat cuma sebentar awalnya..ternyata pake acara wira-wiri..

(bersambung ke part 2 yak….kuota terbatas :mrgreen:

Advertisements

9 comments on “Pajak 5 tahunan si Meggy..ganti STNK, ganti nopol tapi nomor tetep (part1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s