Ayo merawat motor (3)



Filter Udara
Part ini mirip, maaf, bulu hidung kita yang menyaring udara yang masuk ke paru-paru. Pada manusia, udara bersih bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sedangkan pada mesin, daya tahan dan kinerja akan bertambah baik jika udara yang dimasukkan bersih.
Bila lama tidak dibersihkan, kotoran, debu dkk akan menumpuk pada filter, sehingga menghambat udara yang dihisap. Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar tidak lagi seimbang, biasanya lebih banyak bahan bakar, sehingga kerja mesin tidak maksimal, bensin lebih boros, mesin cepat panas dan tidak bertenaga.
Ada dua macam filter pada motor, tipe kertas dan tipe busa. Kalo motor-motor baru, biasanya hampir semua memakai jenis busa.
Perlakuan kedua jenis filter ini jelas berbeda. Untuk membersihkan filter kertas, cukup disemprot udara/angin tekanan tinggi dengan arah dari dalam ke luar, sehingga debu akan keluar, tidak sebaliknya, justru masuk ke filter. Filter kertas tidak bisa dicuci, dan biasanya umur pakai lebih pendek. Bila sudah susah dibersihkan, permukaan filter sudah menghitam atau koyak, ya sudah waktunya diganti tuh..
Nah, kalo filter busa, ini bisa dicuci. Bisa pakai deterjen, kemudian diperas sampai kering, atau dicuci pakai bensin, kemudian diperas. Perlu diingat, kalo memeras, jangan dipelintir kayak memeras cucian baju. Cukup diperas searah saja, asal sampe kering. Setalah itu, basahi dengan oli sebagai perangkap debu. Sebaiknya oli baru ya..jangan oli bekas. Takutnya, oli bekas kan sudah ada kotorannya, jadi malah tambah kotor tuh filter. Setelah bersih filter udaranya, pasang kembali ke tempatnya. Rasakan bedanya, pasti tarikan lebih enteng, apalagi jika karburator juga sudah dibersihkan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s