Pemandangan yang susah ditemukan jaman sekarang

Di jaman sekarang, perkembangan memang bukan main. Entah itu teknologi, ilmu bahkan hingga etika dan rasa sosial. Teknologi dan ilmu makin maju, eeh, giliran etika dan sopan santun malah menurun drastis. Sudah jamak ditemui, di dunia maya, terutama di media sosial, anak-anak muda, apalagi pelajar nih, sudah menurun sisi etikanya, sopan santun dan rasa sosial. Coba saja searching, kata pelajar SMA/SMU, pasti, yang bakalan banyak nongol adalah “pemandangan aneh-aneh”. Mulai cabe-cabean hingga terong-terongan. Mulai yang pede nunjukin tunggangan “wah” sampe modifikasi gila-gilaan. Ya, selama itu positif, buat saia pribadi sih gak masalah. Yang sebaliknya ini nih, yang kurang sreg. Misal, ini contoh lho, maksa orang tua belikan sepeda motor, trus kebut-kebutan, aduuuh….jangan sampai deh..alayIstilah kata “rajin membantu orang tua”, kini kebanyakan hanya ditemukan di buku pelajaran sekolah saja. Prakteknya? Hmm, susah banget ditemui. Ini kalau boleh jujur lho…bener nggak?  Nah, kebetulan, suatu sore kala pulang kerja, saia melipir ke sebuah bengkel pinggir jalan, mau nambah angin ban si Ciput, karena terasa rada kempes. Saia lihat, ada seorang anak muda tanggung, masih berseragam SMU/SMK di depan bengkel. Awalnya, saia pikir, wah, nongkrong aja nih anak, sudah sore gak pulang-pulang, mana masih berseragam pula.

Eeh, pas saia datangi bapak yang punya bengkel, bilang mau tambah angin, si bocah ini dengan gesit mengambil alih kerjaan. Terampil, menyiapkan slang udara, lalu menambah angin ban di cibi saia. Nggak peduli kotor, lha wong motor saia ini sudah 2 minggu gak mandi 😆 Velg aja sampe hitam, belepotan cipratan pelumas rantai 😆

sekulah2Saia rada takjub nih, ternyata saia salah sangka. Si bocah berseragam sekolah ini, adalah anak bapak pemilik bengkel tambal ban itu. Tanpa disuruh bapaknya, yang sedang sibuk menambal ban motor lain, dengan ringan tangan tanpa celetukan aneh-aneh, langsung membantu.

sekulah1Wah, pemandangan yang sudah semakin sulit dijumpai di abad ini barangkali ya…salut sama pelajar ini. Menghormati, berusaha membantu sebisanya pada orang tua yang bekerja keras untuk menyambung hidup, termasuk untuk menyekolahkan dia barangkali. Hiksss…semoga menjadi contoh nih, termasuk saia yang kadang masih aja kurang peduli dengan orang tua. Semoga lancar sekolahmu nak, jadi orang sukses yang bisa membanggakan orang tuamu. Lanjutkan nak…

Advertisements

9 comments on “Pemandangan yang susah ditemukan jaman sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s