Nopol blank, favorit tapi dilarang di Jawa Timur

Pasti, masbro saat riding, pernah nemuin kendaraan, umumnya mobil/R4 dengan plat nopol “cantik” kayak gini kan??

plat_blank[1]Karena saia kudet alias kurang update, ternyata Ditlantas Polda Jatim sudah menghentikan penerbitan nopol cantik atau favorit yang huruf belakangnya kosong. Huruf belakang nopol favorit ini biaasa disebut ‘nopol blank’diberlakukan untuk semua digit angka. Salah satu contoh nopol favorit jenis blank, huruf depan , seperti biasa, merupakan kode wilayah, kemudian angka sedang untuk huruf pengikut belakangnya kosong. Contohnya, ya gambar diatas yang saia jepret di Jl Veteran Malang.

Menurut informasi, penghentian itu bukan hanya diberlakukan untuk masyarakat umum, namun juga pihak Polri atau pejabat terkait. Hal itu dilakukan dengan alasan banyaknya temuan nopol-nopol tersebut kerap dipergunakan untuk tindakan kejahatan ataupun kriminal.

Karena anggapan para pelaku kriminal, bahwa untuk kendaraan yang dipergunakannya, bila terpasang nopol favorit akan lolos dari kecurigaan dan pantauan anggota kepolisian. “Wih, nih nopol orang penting nih, gak perlu dicurigai” begitu mungkin pikirnya

nopolSedangkan untuk nopol favorit blank yang sudah terlanjur dimiliki oleh masyarakat ataupun pejabat terkait sebelum aturan ini diberlakukan, maka akan ditunggu masa berlakunya habis selama 5 tahun mendatang, terhitung dari pengajuan nopol, dan tidak boleh diperpanjang lagi.

Sekedar info, biaya pengurusan plat nopol cantik, entah angka khusus atau malah blank seperti artikel ini, ada biaya khusus. Berapa? Kalau secara resmi, menurut aturan, seharusnya tidak ada biaya, asalkan nomor tersebut tidak dipakaiĀ  orang lain. Tapi, praktek di jalanan, beda laaaagh. Malah, dealer resmi pun ada kok yang menawarkan membantu, terutama untuk onsumen yang membeli motor baru.

dari postingan rudysoul , di area Blitar, dulu banget nih, biaya kisarannya IDR 500.000. Itu bukan blank lho, cuma nomor kembar saja, dengan huruf belakang tetap ada. Nah, kalo blank? Waduh, bisa jadi se-blank judulnya, gelap pasarannya alias termasuk mahal šŸ™„

Ada yang mau nyoba?

Advertisements

5 comments on “Nopol blank, favorit tapi dilarang di Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s