Modiarrr…per 15 Juli 2012, DP motor minimal 25%

Mbaca koran hari ini, tertegun saia. Bank Indonesia, per 15 Juli 2012 akan menetapkan uang muka alias DP kendaraan bermotor sebesar 25% (dari harga jual CMIIW) untuk R2 dan 30% untuk R4.

Aturan ini berdasar Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPNP 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor.
Waduh, alamat nih…susah untuk penjual, juga pembeli. Penjual susah jualan, pembeli juga berat mau beli. Lha, sebelumnya, cukup IDR 500 ribu aja dah bisa dikirim tuh motor baru…sekarang??
Buat contoh aja, Suzuki Nex di Malang dijual Rp12.695.000. Kalo DP baru, berarti kudu nyiapin IDR 3.173.750. Berapa kali lipat tuh dari DP sekarang yang berkisar IDR 500.000 – 1.000.000 ???

Alasan BI, selain meningkatkan prinsip kehati-kehatian, kebijakan itu untuk memperlambat pertumbuhan impor kendaraan bermotor. Katanya, meski dirakit disini, hampir semua R4 dan R2 tuh impor?? Nyang bener nih pak??? Kalo yang kandungan lokal tinggi gimana dong??
Kalo menurut saia sih, juga sekalian menekan tindak kriminal. Sudah rahasia umum, banyak konsumen yang “nakalan” , dengan mengambil kredit motor bertujuan ‘jahat’, dengan tidak melunasi tanggungan kredit, malah tuh motor yang ‘dimutilasi’, entah dipreteli, dioplos part-partnya, sampe dijual bodong.
Yah, apapun alasannya, tetap yang menjadi sasaran alias korban adalah konsumen kayak kita. Betul???

sumber : vivanews en google

Advertisements

9 comments on “Modiarrr…per 15 Juli 2012, DP motor minimal 25%

    • enak buat yang cukup duit buat beli kontan….
      saia juga positif thinking aja kok…kudu direm nih ngikutin mode motor :mrgreen:

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s